Berita Satuan

Tanamkan Jiwa Nasionalisme, Satgas Yonif MR 411 Kostrad Gelar Upacara Bendera Bagi Siswa di Perbatasan

Oleh 20 Nov 2019 Tidak ada komentar
Tanamkan Jiwa Nasionalisme, Satgas Yonif MR 411 Kostrad Gelar Upacara Bendera Bagi Siswa di Perbatasan
#TNIAD 

JAKARTA. tniad.mil.id – Menanamkan jiwa nasionalisme pada murid-murid sekolah di perbatasan RI-PNG, Pos Bupul 13 Satgas Pamtas Yonif MR 411/PDW Kostrad menggelar upacara Bendera hari Senin di SD Inpres Bupul 13, Kampung Kirelly, Distrik Ulilin.

 

Hal tersebut disampaikan Dansatgas Yonif 411/Pandawa Mayor Inf Rizky Adiyta dalam keterangan tertulisnya di Keerom, Papua, Selasa (19/11/2019).

 

Dikatakannya, melalui upacara bendera setiap hari Senin, diharapkan akan semakin tumbuh jiwa nasionalisme dalam diri generasi muda di wilayah perbatasan.

 

“Ini merupakan salah satu upaya menumbuhkan jiwa nasionalisme dan cinta tanah air bagi generasi muda di wilayah perbatasan, ” ujarnya.

 

Lebih lanjut diungkapkannya, dalam upacara bendera banyak terkandung filosofi nilai-nilai kejuangan dan perjuangan bangsa, termasuk salah satu wujud menghargai pengorbanan para pahlawan yang merebut dan mempertahankan kemerdekaan bangsa Indonesia, ” tuturnya alumni Akmil 2003 ini.

 

Ditambahkannya, tugas Satgas Pamtas, bukan hanya menjaga wilayah perbatasan negara, tetapi juga mampu memberikan perubahan nyata bagi kesejahteraan maupun menumbuhkan semangat cinta tanah air.

 

Pada upacara Bendera tersebut, bertindak sebagai petugas upacara adalah personel Pos Bupul 13 yang dipimpin oleh Letda Inf Yusri Khoirudin selaku Komandan Pos, dengan peserta upacara para guru dan siswa-siswi SD Inpres Bupul 13 yang berjumlah 30 orang.

 

Pada kesempatan upacara bendera ini, selaku Inspektur upacara, ada dua hal yang disampaikan oleh Letda Inf Yusri dalam amanatnya, yakni melalui upacara bendera hari Senin mengajak seluruh peserta upacara untuk meningkatkan rasa nasionalisme terhadap NKRI, yang kedua dapat menjadi pribadi yang disiplin agar cita-cita yang diinginkan dapat tercapai.

 

 

Ditemui usai upacara Kepala Sekolah SD Inpres Bupul 13 Ona Bernandus, S. Pd.K., menyampaikan ucapan terima kasih kepada Satgas Yonif MR 411/PDW Kostrad dalam hal ini Pos Bupul 13 yang telah menyelenggarakan upacara Bendera hari Senin di sekolahnya.

 

 

“Mudahan-mudahan dengan dilaksanakannya upacara pada hari ini akan meningkatkan jiwa nasionalisme para siswa, dengan adanya bapak-bapak TNI dari Satgas membuat murid-murid sangat berantusias dan semangat dalam belajar dan berangkat sekolah tepat waktu,” tutur Ona.

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel