Skip to main content
Berita Satuan

Aman dan Nyaman, Warga Merauke Sukarela Serahkan Senjata ke Satgas Yonif 411

Dibaca: 10 Oleh 16 Des 2019Tidak ada komentar
Aman dan Nyaman, Warga Merauke Sukarela Serahkan Senjata ke Satgas Yonif 411
#TNIAD #TNIADMengabdiDanMembangunBersamaRakyat

 

JAKARTA – tniad.mil.id — Melalui pendekatan persuasif serta merasa aman dan nyaman dengan kehadiran Satgas Pamtas RI-PNG Yonif 411/Pdw, seorang warga Merauke berinisial M (28 thn), dengan besar hati dan sukarela menyerahkan senjata api Ruger American Rifle Ranch kaliber 5.56 mm beserta magazennya.

 

 

Hal tersebut disampaikan Dansatgas Pamtas RI-PNG Yonif Mekanis Raider 411/PDW Kostrad Mayor Inf Rizky Aditya S.Sos., M.Han., dalam rilis tertulisnya di Merauke, Papua, Minggu (15/12/2019).

 

 

Dansatgas menjelaskan, wujud dari kehadiran Satgas telah dirasakan oleh warga di perbatasan RI-PNG yang memberikan jaminan keamanan dan kenyamanan melalui kegiatan teritorial

 

“Pendekatan Binter (Pembinaan Teritorial) yang kita lakukan selama ini telah memberikan dampak signifikan, tidak hanya menjaga situasi aman kondusif di wilayah perbatasan, Satgas juga telah menumbuhkan kepercayaan, kedekatan dan menguatkan kemanunggalan TNI dengan Rakyat di sini,” ungkap Alumni Akmil 2003 tersebut.

 

 

Dikatakan lebih lanjut, seperti yang baru terjadi pada seorang warga Afkab Makmur, Distrik Muting, Kabupaten Merauke berinisial M (28 thn), bersama rekannya HH (42 thn) mendatangi Pos Kotis di Bupul 1, Kampung Sipias, Distrik Eligobel, dengan sukarela dan sadar diri untuk menyerahkan satu pucuk senjata api jenis Ruger American Rifle Ranch kaliber 5.56 mm beserta magazennya.

Baca juga:  Tingkatkan Keimanan, Umat Hindu Personel TNI AD se Gartap I Jakarta Ikuti Pelayanan Rohani

 

“Penyerahan senjata warga oleh personel Satgas, tidak melalui paksaan, warga datang sendiri ke Pos Satgas dan dengan sukarela menyerahkannya didasari kesadaran dan merasa mendapat perlindungan keamanan dari Satgas, “tutur Rizky.

 

Senjata api laras panjang sambung Rizky, diserahkan oleh saudara M yang sehari-hari bekerja sebagai supir taksi. Senjata Api tersebut diterima oleh Pasi Intel Satgas Lettu Inf Asep Saepudin, S.T. Han.

 

“Yang bersangkutan mengaku telah memiliki dan menyimpan senjata tersebut sejak tahun 2007, merupakan pemberian dari ayahnya yang saat ini telah berusia 80 tahun, ” jelasnya.

 

“Atas hal tersebut tentunya kita sangat mengapresiasi kebesaran hati dari pemilik senjata dengan sukarela telah menyerahkan senjata api yang disimpannya serta memberikan himbauan kepada seluruh masyarakat di perbatasan untuk tidak menyimpan senjata api secara ilegal, masalah keamanan serahkan kepada TNI dan Kepolisian, ” pungkasnya.

 

Terpisah, Pasi Intel Satgas Pamtas Yonif 411/Pdw Lettu Inf Asep Saepudin mengatakan, senjata api Roger Ruger American Rifle Ranch kaliber 5.56 mm dan satu buah magazen yang diserahkan saudara M, untuk sementara diamankan di Pos Kotis Satgas.

Baca juga:  Satgas Yonif 742 Gelar Pelatihan Pembuatan Pupuk Organik di Perbatasan

 

“Masih kita amankan dan selanjutnya akan diserahkan ke komando atas dalam hal ini Kolakops Korem 174/ATW,” terangnya.

Kirim Tanggapan

made with passion and dedication by Vicky Ezra Imanuel