Berita Satuan

Gapura Merah Putih, Gelora Cinta Tanah Air di Papua

Oleh 01 Des 2019 Tidak ada komentar
Outing Class, Satgas Yonif 411 Belajar, Berkebun dan Bergembira
#TNIAD 

JAKARTA,tniad.mil.id – Satgas Yonif Mekanis Raider 411/PDW Kostrad mengecat gapura Kampung Kondo dengan nuansa merah putih dalam menggelorakan cinta tanah air di wilayah perbatasan Papua.

 

Hal tersebut disampaikan Dansatgas Yonif MR 411/PDW Kostrad, Mayor Inf Rizky Aditya S.Sos., M.Han., dalam rilis tertulisnya di Kabupaten Merauke, Papua, Minggu (1/12/2019).

 

Diungkapkan Dansatgas, gapura yang ada di Kampung Kondo baru saja selesai dibangun, namun belum sempat dicat, sehingga kurang elok dipandang mata.

 

“Setelah berkordinasi dengan warga, Danpos Kondo, Letda Inf Ulivo Dicky P bersama beberapa personel dibantu pemuda setempat melaksanakan pengecatan gapura dengan nuansa warna merah dan putih pada Sabtu (30/11/2019).

 

“Warna merah putih dihadirkan, agar warga kampung terpencil di Distrik Elikobel ini bangga sebagai bagian dari NKRI,” ujarnya.

 

Lanjutnya lagi, karya bhakti pengecatan gapura ini dilaksanakan dengan suasana penuh keakraban dan kebersamaan.

 

“Dipilihnya warna merah putih sebagai cat gapura juga merupakan kesepakatan bersama dengan warga sebagai simbol bahwa masyarakat di daerah terpencil itu memiliki semangat rela berkorban dan berani membela kebenaran,” jelasnya.

 

“Merah putih ini juga simbol bahwa warga Kampung Kondo yang letaknya di wilayah perbatasan RI-PNG memiliki semangat untuk selalu menjaga persatuan dan kesatuan meskipun berada di pelosok negeri,” ucap Rizky Aditya.

 

Di tempat terpisah, Danpos Kondo, Letda Inf Uliwo Dicky P menjelaskan, hiasan merah putih pada gapura ini sebagai bukti bahwa TNI dan warga siap menjaga wilayah Indonesia.

 

“Bahkan warga yang memintanya untuk mengecat gapura dengan warna merah putih, sebagai wujud kecintaan mereka kepada bumi pertiwi,” tandasnya.

 

Sementara itu, tokoh adat Kampung Kondo, Bernadus Bomak Mahuze (50) yang hadir pada pengecatan gapura ini mengucapkan, terima kasih kepada Satgas yang peduli untuk mengecat gapura Kampung Kondo yang belum lama dibangun ini.

 

“Merah putih ini menggambarkan jiwa dan semangat warga kami yang selalu cinta Indonesia,” tuturnya.

 

Dirinya juga menyampaikan, dengan mengecat gapura warna merah putih, generasi muda perbatasan pun terpatri semangatnya untuk selalu membela bangsanya.

 

“Semoga dalam sanubari mereka akan selalu mengalir jiwa patriotisme dan bangga kepada bangsanya,” pungkasnya. (Dispenad)

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel