Berita Satuan

Peduli Lansia, Satgas Yonif 142 Berikan Bantuan ke Warga di Perbatasan RI-RDTL

Peduli Lansia, Satgas Yonif 142 Berikan Bantuan ke Warga di Perbatasan RI-RDTL
#TNIAD 

JAKARTA – tniad.mil.id – Peduli terhadap warga lanjut usia (Lansia) di Dusun Fomoku Desa Sisifatuberal, personel Satgas Pamtas RI-RDTL Sektor Timur Yonif Raider 142/KJ Pos Fohululik memberikan bantuan kepada warga di perbatasan RI-RDTL.

 

Hal tersebut disampaikan Dansatgas Pamtas RI-RDTL Yonif Raider 142/KJ Letkol Inf Ikhsanudin S.Sos.,M.M dalam keterangan tertulisnya di Atambua, Nusa Tenggara Timur (NTT), Kamis (12/12/2019).

 

“Kegiatan ini dilaksanakan atas inisiatif Danpos Fohululik, Sertu Ediyanto Simangunsong, untuk perbaikan gizi Lansia yang berada di wilayah desa binaan, bantuan yang diberikan berupa susu dan biskuit,”ungkap Ikhsanudin

 

Leih lanjut dikatakan Ikhsanudin, Lansia (lanjut usia) merupakan suatu tahap lanjut dari proses kehidupan yang ditandai dengan penurunan kemampuan berbagai organ, fungsi dan sistem tubuh secara alamiah atau fisiologis agar mampu beradaptasi dengan situasi lingkungan, tanda proses menua umumnya mulai tampak sejak usia 45 tahun dan akan menimbulkan permasalahan terutama penyakit pada umur sekitar 60 tahunan.

 

 

“Dengan kegiatan ini, kami dari Satgas Yonif R 142/KJ berharap dapat meningkatkan kepedulian terhadap Lansia yang berada di wilayah perbatasan, karena untuk mencapai masa penuaan yang sehat diperlukan upaya peningkatan kesehatan, pencegah penyakit, pengobatan penyakit dan pemulihan kesehatan sehingga upaya pencegahan harus diutamakan,” Ikhsanudin.

 

“Personel Pos Fohululik memberikan santunan berupa susu dan biskuit, hal ini dikarenakan memiliki beberapa manfaat yaitu untuk menjaga tekanan darah, mempertahankan kepadatan tulang, menjaga kesehatan otak dan meningkatkan masa otot sehingga bagus untuk menjaga pola hidup masyarakat perbatasan yang sudah berusia lanjut,” ujarnya lebih lanjut.

 

Ikhsanudin mengatakan, kegiatan ini merupakan salah satu wujud kepedulian personel Satgas Yonif R 142/KJ yang bertugas di daerah perbatasan, sehingga keberadaannya ditengah-tengah masyarakat perbatasan, khususnya sekitar desa binaan dapat dirasakan secara langsung dalam menjalin hubungan tali silaturahmi.

 

Yoseph Bau Momen salah satu lansia yang memiliki umur cukup panjang yaitu 120 tahun, merupakan salah satu warga desa binaan Pos Fohululik dengan kondisi yang masih sehat, hal ini menjadi perhatian khusus personel Satgas Yonif R 142/KJ dalam memberikan contoh kepada warga masyarakat lain untuk selalu menjaga dan merawat pola hidup sehat.

 

Acara ini dihadiri oleh masyarakat yang berumur lanjut usia sebanyak 25 orang dengan rata-rata usia diatas 80 tahun, dalam rangkaian kegiatan terlihat sangat antusias untuk hadir dalam acara tersebut.

 

Terpisah, Selestina Olo (82) salah satu Lansia di daerah desa binaan Pos Fohululik mengucapkan rasa terima kasih kepada Satgas Yonif R 142/KJ yang telah peduli dengan Lansia yang berada di perbatasan.

 

“Bapak TNI, kami warga perbatasan yang sudah berusia lanjut mengucapkan terima kasih banyak kepada bapak-bapak TNI yang sudah memperhatikan kami kami, dan kami berharap kegiatan ini dapat terus berlanjut,” ungkapnya.

 

Bpk.Yanuarius Loi (58) selaku Kepala Dusun Fomoku mengucapkan rasa terima kasih kepada Satgas Yonif R 142/KJ yang telah menyelenggarakan kegiatan tersebut.

 

“Saya selaku Kepala Dusun Fomoku mengucapkan terima kasih banyak kepada bapak TNI yang telah meluangkan waktu untuk menyelenggarakan acara ini, kami berharap agar kegiatan ini dapat terus dilaksanakan secara berkelanjutan agar masyarakat Lansia mendapatkan perhatian khusus,” harapnya.

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel