Berita Satuan

Sambut Hari Juang TNI AD, Satgas Yonif 734 Gelar Bakti Sosial di Tobelo

Sambut Hari Juang TNI AD, Satgas Yonif 734 Gelar Bakti Sosial di Tobelo
#TNIAD 

Jakarta, tniad.mil.id,- Menyambut peringatan Hari Juang TNI AD pada tanggal 15 Desember nanti, Satgas Yonif 734/SNS mengadakan kegiatan bakti sosial berupa donor darah, pengobatan massal, dan khitanan massal secara gratis di Kota Tobelo.

 

Hal tersebut disampaikan Dansatgas Yonif 734/SNS, Letkol Inf Edwin Charles, dalam rilis tertulisnya di Kabupaten Halmahera Utara, Maluku, Minggu (8/12/2019)

 

Diungkapkan Dansatgas, kegiatan bakti sosial yang dilakukan tim kesehatan Satgas Yonif 734 dipimpin Letda Ckm dr. Rizky Zulkarnain Ratoputra selaku dokter Satgas pada Sabtu (7/12/2019), bekerjasama dengan Diskes Halmahera Utara, Puskesmas Tobelo, dan UTD PMI RSUD Kota Tobelo.

 

“Acara yang berlangsung di Pos Kotis Satgas Yonif 734 di Tobelo tersebut merupakan bentuk kemanunggalan TNI dengan rakyat dalam rangka menyambut hari juang TNI AD, kami pun sangat senang melayani dengan tulus dan ikhlas tanpa rasa pamrih untuk dibalas” ungkap Edwin.

 

“Adapun jumlah peserta sebanyak 200 orang yang terdiri atas 100 orang pengobatan massal dan 100 orang khitanan massal serta kantong darah yang berhasil kami kumpulkan bersama PMI sebanyak 50 kantong darah,” imbuhnya.

 

Lebih lanjut diutarakan oleh Edwin, pada acara yang digelar secara gratis tanpa di pungut biaya sepeserpun bagi masyarakat setempat sangatlah meriah. Mereka berbondong-bondong datang dari Desa Rawa Jaya, Gamsungi, dan Gosomo.

 

“Para peserta yang datang terdiri dari berbagai kalangan usia, mulai dari orang tua hingga anak-anak sekolah dasar yang akan mengikuti khitanan massal,” terang Edwin.

 

Di tempat terpisah, Dokter Rizky saat membantu melaksanakan khitan mengatakan bahwa metode khitan menggunakan couter atau laser, hal ini dapat memberikan kenyamanan untuk anak-anak dan memiliki proses penyembuhan yang cepat dibandingkan dengan metode konvensional yaitu dengan menggunakan gunting.

 

“Khitan ini sangat bermanfaat sekali bagi kesehatan reproduksi pria yaitu dengan mencegah adanya infeksi saluran kemih dan mencegah transmisi HIV dan AIDS,” tutur Rizky.

 

“Selain itu kami menyarankan bagi warga yang sehat untuk melaksanakan secara rutin donor darah tiga bulan sekali, karena dengan donor darah kita dapat mengetahui status kesehatan kita,” pungkasnya.

 

Sementara itu, Ratih dan Wawan warga Kota Tobelo yang mengikuti kegiatan tersebut mengucapkan terima kasih kepada Satgas Yonif 734 yang sudah mengadakan khitanan massal serta pengobatan massal secara gratis

 

“Kami berharap kebaikan dari bapak TNI dapat dibalas oleh Allah SWT,” ucapnya. (Dispenad)

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel