Skip to main content
Berita Satuan

Cegah Banjir, Prajurit Korem 091/ASN Bersihkan Sampah Sungai Karang Mumus

Dibaca: 24 Oleh 28 Jan 2020Tidak ada komentar
Cegah Banjir, Prajurit Korem 091/ASN Bersihkan Sampah Sungai Karang Mumus
#TNIAD #TNIADMengabdiDanMembangunBersamaRakyat

JAKARTA, tniad.mil.id – Tidak hanya agar terlihat bersih dan indah, pembersihan sampah-sampah yang dilakukan prajurit Korem 091/ASN di Sungai Karang Mumus juga berguna mencegah datangnya banjir kembali yang melanda Kota Samarinda.

Hal tersebut disampaikan Kepala Penerangan Korem (Kapenrem) 091/ASN, Kapten Arh Azrul Azis, dalam rilis tertulisnya di Samarinda, Kalimantan Timur, Selasa (28/1/2020)

Diungkapkan Kapenrem, kegiatan ini melibatkan relawan BPBD Samarinda dan warga masyarakat sekitarnya untuk membersihkan tumpukan sampah yang menyumbat aliran Sungai Karang Mumus di Jalan Glatik, Kelurahan Temindung Permai, Kecamatan Sungai Pinang.

“Dengan semangat yang tinggi dan tanpa ada kata ragu lagi semua prajurit terjun langsung berbaur bersama relawan dan masyarakat membersihkan sungai dari sampah,” ungkap Azrul.

“Bau sampah yang menyengat hidung tak dihiraukannya yang penting hari ini satu pekerjaan dilaksanakan bersama masyarakat bisa tuntas seketika,” imbuhnya.

Menurut Azrul bahwa banjir di Samarinda terjadi setiap tahun. Faktor utama yang mengundang bencana ini adalah daerah resapan makin sempit, kondisi drainase dipenuhi sampah, curah hujan tinggi, serta perilaku masyarakat yang buang sampah sembarangan.

Baca juga:  Panglima 5 Briged Tentera Darat Malaysia Kunjungi Kodam VI/Mlw

Berdasarkan perkiraan BPBD Kota Samarinda, korban banjir yang melanda di Ibu Kota Provinsi Kaltim ini sejak Sabtu (11/1/2020) yang lalu telah mencapai 18 ribu jiwa.

“BPBD Kota Samarinda mencatat bahwa banjir menerjang di lima kecamatan yaitu Samarinda Utara, Sambutan, Sungai Pinang, Palaran, dan Samarinda Ulu,” ucapnya.

“Oleh karenanya, dihimbau kepada masyarakat agar tidak membuang sampah sembarangan terutama di sungai, karena dampaknya bisa mengakibatkan aliran sungai menjadi tidak lancar dan membanjiri perkampungan serta area pertanian,” sambung Azrul.

Sementara itu, Kepala Lurah Temindung Permai, Mohammad Fathan Ibrahim Malik, sangat berterima kasih dengan keberadaan prajurit Korem 091/ASN yang banyak menimbulkan motivasi untuk mengerti tentang apa itu menjaga kebersihan lingkungan secara bersama-sama.

“Kerja sama inilah yang selalu dibangun oleh Korem 091 bersama dengan seluruh elemen masyarakat, kami sangat berterima kasih atas kepedulian dan kerja samanya ini,” ujar Fathan. (Dispenad)

Kirim Tanggapan

made with passion and dedication by Vicky Ezra Imanuel