Skip to main content
Berita Satuan

Dukung Misi PBB, Indonesia akan Kirim 4.000 Peacekeeper

Dibaca: 102 Oleh 12 Feb 2020Maret 30th, 2020Tidak ada komentar
Dukung Misi PBB, Indonesia akan Kirim 4.000 Peacekeeper
#TNIAD #TNIADMengabdiDanMembangunBersamaRakyat

JAKARTA, tniad.mil.id – Sebanyak 4.000 pasukan perdamaian atau dikenal dengan peacekeeper akan dikirim oleh Indonesia ke daerah penugasan demi mendukung misi PBB dalam mencapai perdamaian dunia.

Hal tersebut disampaikan Kepala Staf Umum (Kasum) TNI, Letjen TNI Joni Supriyanto, dalam rilis tertulisnya saat melaksanakan rangkaian kunjungan kerja ke Negara Mali, Rabu (12/2/2020)

Dikatakan Kasum TNI, kunjungannya kali ini untuk meningkatkan hubungan bilateral antara kedua negara khususnya Angkatan Bersenjata yang selama ini telah terjalin dengan baik.

“TNI meyakinkan kepada Pemerintah Mali bahwa peacekeeper Indonesia yang berada di Mali akan bekerja secara profesional dan mampu bekerja sama dengan peacekeeper dari negara lainnya.,” ungkap Kasum TNI.

“Lebih dari itu peacekeeper Indonesia memiliki kemampuan komunikasi sosial yang sangat baik dengan masyarakat sekitar daerah operasi PBB,” imbuhnya.

Lebih lanjut pada pertemuan dengan Perdana Menteri Mali, Mr Boubou Cisse dan Menteri Pertahanan Mali, Jenderal Ibrahim Dahirou Dembele, Kasum TNI menyampaikan kesanggupan Indonesia untuk mengirimkan peacekeeper tambahan jika diperlukan sampai proses stabilisasi keamanan di Mali tercapai.

Baca juga:  Danrem 172/Pwy Brigjen TNI Izak Pangemanan Mengikuti Rapim Tingkat Kodam XVII/Cenderawasih Tahun 2021

Dukung Misi PBB, Indonesia akan Kirim 4.000 Peacekeeper

“Indonesia telah menjadi anggota tidak tetap Dewan Keamanan PBB, dan terus konsisten menjadi negara Troop Contributing Country (TCC) ke misi perdamaian PBB,” terangnya.

“Kita targetkan penambahan personel kedepannya menjadi 4 ribu orang,” tegasnya.

Dalam kunjungan tersebut, Kasum TNI berkesempatan bertemu dengan Force Commander MINUSMA, Letnan Jenderal Dennis Gyllensporre, dan peacekeeper Indonesia di MINUSMA yang berjumlah 16 orang terdiri dari 9 Military Staff, 1 Military Observer, 1 Civillian International Staff dan 5 orang dari Kepolisian.

Kasum TNI menegaskan agar para peacekeeper terus menjaga profesionalisme dan mengedepankan keamanan dalam melaksanakan tugas negara.

“Misi PBB MINUSMA saat ini merupakan salah satu misi perdamaian PBB yang sangat berbahaya dan beresiko tinggi, untuk itu tetap laksanakan tugas sesuai prosedur yang berlaku dan terus jaga nama baik Indonesia,” tegasnya.

Turut mendampingi Kasum TNI dalam kunjungan tersebut, Komandan PMPP, Kababek TNI, Penmil RI di New York, Athan RI di Nigeria dan Staff KBRI Senegal. (Dispenad)

Kirim Tanggapan

made with passion and dedication by Vicky Ezra Imanuel