Berita Satuan

Akper Kesdam Ii/Sriwijaya Palembang Gelar Pelatihan Clinical Instructor (CI) Regional

Dibaca: 5844 Oleh 10 Jun 2011Tidak ada komentar
#TNIAD, #TNIADMengabdiDanMembangunBersamaRakyat

Sebanyak 35 orang perawat dan bidan yang tersebar di rumah sakit dan puskesmas di Sumatera Bagian Selatan (Sumbagsel), mengikuti pelatihan Clinical Intructor (CI), yang dilaksanakan oleh Akper Kesdam II/Sriwijaya Palembang bekerja sama dengan Pusat Pengembangan Kesehatan (PPKC) Carolus Jakarta, di Aula Rs.TK. II Dr. AK. Gani, tanggal 9 – 13 Mei 2011.

Pelatihan  ini dibuka oleh Waka Rumkit Tk.II Dr. AK. Gani Palembang. Kegiatan pelatihan yang pertama ini akan tetap berlanjut pada tingkatan berikutnya. Hal ini dikarenakan antusias pendaftar yang melebihi kuota. Peserta Pelatihan ini dibatasi 35 orang akan tetapi mereka yang mendaftarkan diri untuk mengikuti pelatihan ini mencapai 50 orang, jadi kemungkinan diadakan angkatan kedua, 35 perserta yang mengikuti pelatihan CI ini terdiri dari perawat dan bidan. Perawat dan bidan ini nantinya akan menerima teknik  dan metode menjadi pembimbing bagi Mahasiswa yg melaksanakan praktek di lahan praktik dan Perawat /Bidan yg baru masuk lapangan kerja . Peserta berasal dari rumah sakit , Puskesmas yg tersebar di beberapa tempat diantaranya : Kota Palembang :  RS. TK. II Dr. AK. Gani, RS. Bhayangkara, RS. A. Rivai, Stikes Bina Husada, Di luar Kota Palembang : RS. Sungai Liat Bangka, RS. ST. Theresia Jambi, RS. Bunda Prabumulih, RS. PTBA M. Enim, RS. Kerinci Jambi, RS. TK. IV Lampung, RS. Prabumulih, RS. Banyu Asin, RS. Kayu Agung.

Diadakannya kegiatan ini dikarenakan selama ini masih dirasakan adanya perbedaan persepsi antara pembimbing dari institusi pendidikan dan pembimbing dari lahan praktik. Kualitas dan kuantitas pembimbing masih belum memadai sertanya bertambahnya institusi pendidikan yang memerlukan bimbingan dalam pelaksanaan praktik di lahan praktik. Kendala tersebut akan mempengaruhi proses pembelanjaran yang hasilnya menjadi kurang optimal dan pada akhirnya menghasilkan lulusan yang kurang mampu memasuki dunia kerja.  (M.Yamin, Staf Dik Akper Kesdam II/Swj ) Direktur Akper Kesdam II/Swj Palembang (Mayor Ckm (K) R.Agustini, SKM, M.Kes.). (Ditkesad/Dispenad) 

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel