Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Mulyono beserta segenap keluarga besar TNI Angkatan Darat se-Garnisun Jakarta memperingati Nuzulul Qur’an 1439 Hijriah dan buka puasa bersama di Markas Besar Angkatan Darat (Mabesad) Jakarta, Rabu (6/6/2018).

Acara yang digelar di Lapangan Mabesad ini juga menghadirkan Ustad kondang Abdul Somad, Lc, MA. yang mengulas hikmah Nuzulul Qur’an.

Dalam sambutannya, Kasad Jenderal TNI Mulyono mengatakan, Ramadhan identik dengan Nuzulul Qur’an atau malam turunnya Kallamullah kepada Nabi Muhammad SAW melalui Malaikat Jibril pada malam 17 Ramadhan, sebagai salah satu mukjizat beliau. Al-qur’an adalah penyempurna kitab-kitab terdahulu, dengan beberapa keistimewaan yang tidak dimiliki oleh kitab suci yang sebelumnya.

WhatsApp Image 2018-06-06 at 11.16.14 PM

Dikatakan Kasad, dengan tuntunan Al-Qur’an yang disebarkan oleh Rasulullah, masyarakat kembali mencapai kemajuan peradaban yang signifikan, khususnya bagi masyarakat Muslim di Jazirah Arab, baik pada bidang politik, ekonomi maupun kebudayaan.

Saya berharap peringatan Nuzulul Qur’an ini tidak hanya sekedar kegiatan rutin yang bersifat seremonial semata, namun merupakan wahana muhasabah atau introspeksi diri kita masing-masing dalam rangka meningkatkan pemahaman dan pengamalan ajaran-ajaran yang terkandung dalam Al-Qur’an sebagai pedoman hidup, agar kita dapat mencapai kebahagiaan hidup, di dunia dan akhirat,” ujar Kasad.

WhatsApp Image 2018-06-06 at 11.16.17 PM

Sementara itu dalam hikmah Nuzulul Qur’an, Ustad Abdul Somad menceritakan tentang bagaimana Panglima Besar Jenderal Sudirman memimpin pasukannya dalam perjuangan bangsa Indonesia yang patut dijadikan tauladan bagi generasi muda.

“Dalam ajaran Agama Islam sebagaimana diajarkan Nabi Muhammad SAW tidak dikenal tindakan kekerasan atau radikalisme. Bahkan dalam hubungan antar umat beragama dilaksanakan dengan penuh toleransi dan saling mengasihi sesama,” ungkap Ustad Abdul Somad.

Dalam kesempatan tersebut, Ustadz Abdul Somad merasa terharu dapat menyaampaikan hikmah Ramadhan dan Peringatan Nuzulul Qur’an dihadapan prajurit Angkatan Darat dan keluarganya.

Pada acara Peringatan Nuzulul Qur’an dan buka puasa bersama ini Kasad juga menyampaikan perhatiannya kepada fakir miskin dan anak yatim sebagai bentuk kepedulian kepada sesama.

Hadir pada acara peringatan Nuzulul Qur’an dan buka puasa bersama di Mabesad ini antara lain Pangkostrad Letjen TNI Agus Kriswanto, Irjenad, para asisten Kasad dan para Kabalakpus TNI AD serta Ketua Umum Persit Kartika Chandra Kirana Nyonya Rosita Mulyono. (ded/Dispenad)

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *