TNI AD – Jakarta. Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Mulyono menerima kontingen The Asean Armies Rifle Meet (AARM) yang beberapa waktu lalu menjuarai lomba tembak antar Angkatan Darat Negara se-Asean di Gedung Serba Guna Markas Besar Angkatan Darat (Mabesad) Jakarta, Selasa (28/11/2017).

Kontingen Angkatan Darat yang berlaga pada ajang AARM 2017 ini berjumlah 37 atlet tembak dipimpin oleh Komandan Kontingen Mayor Inf. Nur Wahyudi melaporkan kepada Kasad keberhasilan tim yang dipimpinnya menjuarai ajang tembak bergensi tersebut. Hasil juara umum ke 12 kalinya ini diraih dengan menorehkan 31 medali emas dari 45 medali emas yang diperebutkan serta mendapatkan sembilan trofi kemenangan.

WhatsApp_Image_2017-11-28_at_16.18.37

AARM ke 27 tahun 2017 diselenggarakan di Singapura berlangsung dari tanggal 14 November hingga 23 November 2017 diikuti oleh 10 negara ASEAN yaitu Indonesia, Thailand, Filipina, Singapura, Malaysia, Vietnam, Myanmar, Laos, Brunei dan Timor Leste.

Kasad Jenderal TNI Mulyono dalam sambutannya mengatakan, prestasi yang telah diraih dan dipersembahkan ini juga menunjukkan besarnya tekad dan tanggung jawab para petembak Angkatan Darat untuk selalu mempersembahkan karya terbaik demi kejayaan Angkatan Darat, bangsa dan negara Kesatuan Republik Indonesia. Prestasi ini sekaligus menunjukkan tingginya profesionalisme Angkatan Darat khususnya dibidang menembak, baik ditingkat regional maupun internasional dan akan semakin membuat kita disegani oleh Angkatan Darat negara lain.

“Gencarnya pemberitaan di media massa, menunjukkan bahwa prestasi yang kalian persembahkan tidak hanya memberikan kebanggaan kepada TNI AD, tetapi juga seluruh bangsa Indonesia ditengah-tengah minimnya prestasi negara kita di bidang olahraga pada tingkat Internasional,” ujar Kasad.

Kasad menaruh harapan yang besar kepada tim AARM-28/2018 mendatang di Malaysia, agar dapat berjuang semaksimal mungkin dengan mengerahkan segala kemampuan yang dimiliki, untuk mempertahankan predikat sebagai juara umum AARM dan menambah perolehan tropy serta medali yang telah diraih pada lomba tembak AARM-27/2017 di Singapura ini.

Kontingen TNI AD meraih prestasi terbaiknya dalam sepanjang penyelenggaraan AARM dan memecahkan rekor baru ASEAN dengan perolehan sembilan trofi dan 31 medali emas, 10 perak dan 10 perunggu dan keluar sebagai juara umum.

Disusul peringkat kedua Thailand dengan tiga tropi, tujuh emas, 12 perak dan enam perunggu. Peringkat ketiga Filipina dengan satu trofi, tiga emas, delapan perak dan tujuh perunggu. Posisi keempat diduduki tuan rumah Singapura dengan perolehan dua emas, sembilan perak dan 13 perunggu.

Indonesia meraih sembilan trofi dari 15 trofi yang diperebutkan dan 31 medali emas dari 45 emas medali yang diperebutkan. Sembilan trofi yang diraih didapat dari materi senapan dua trofi , karaben dua trofi, pistol putra dua trofi, senapan otomatis dua trofi (Champion Individual dan overall tim) dan pistol putri satu trofi (Champion Individual).

WhatsApp_Image_2017-11-28_at_16.16.44

Enam peraih Champion Individual yaitu Lettu Inf Safrin Sihombing materi pistol putra (Kopassus), Praka Zulkarnaen Amirullah materi karaben (Kodam ll/Sriwijaya) Sertu Woli Hamzan materi senapan (Kostrad) Sertu Carlelis Manusama materi pistol putri (Kodam XVI/Pattimura), Serka Priyanta dan Sertu Hari Mulyono materi senapan otomatis/machine gun (Kopassus).

Sebagai bentuk penghargaan dan apresiasi pimpinan Angkatan Darat kepada tim AARM Angkatan Darat yang telah berprestasi mempertahankan juara umum, Kasad memberikan tali asih kepada seluruh tim serta memberikan penghargaan khusus kepada Lettu Inf. Safrin Sihombing serta Serka Priyatna yang telah beberapa kali mengikuti lomba tembak AARM ini.

“Sebagai wujud kebanggaan saya dan sebagai tali asih atas prestasinya, saya memberikan apresiasi sebuah rumah type 45 kepada Lettu Inf Safrin Sihombing yang telah berpartisipasi dalam AARM sebanyak 10 kali dan tahun ini mendapatkan tropy individual championship untuk materi pistol putra serta Serka Priyanta yang telah berpartisipasi dalam AARM sebanyak 12 kali dan tahun ini mendapatkan tropy Individual championship untuk materi senapan otomatis (SO). Semoga ini menjadi ukiran kenangan atas prestasi saudara dalam membela nama TNI AD, bangsa dan begara di mata Dunia,” ujar Kasad menutup amanatnya.

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *