Kodam III/Siliwangi

Latihan Penanggulangan Bencana Alam Pada Geladi Posko I Kodim 0612/Tasikmalaya

Dibaca: 265 Oleh 12 Sep 2012Tidak ada komentar
#TNIAD, #TNIADMengabdiDanMembangunBersamaRakyat

Kodim 0612/Tasikmalaya menyelenggarakan latihan Geladi Posko I Menanggulangi Akibat Bencana Alam yang dibuka oleh Danrem 062/Tarumanagara Kolonel Inf Surawahadi, turut hadir pada acara tersebut Walikota Tasikmalaya, Bupati Kabupaten Tasikmalaya, DPRD Kabupaten dan Kota Tasikmayala, Kepala BPBD Jawa Barat, Kahubdam III/Slw, Kapendam III/Slw, Katopdam III/Slw, Kapolres Kabupaten dan Kota Tasikmalaya, Tagana, PMI, FKPPI, Unit Pemadam Kebakaran, Orari Tasikmalaya, Team Rescue Jeep. Geladi Posko I Kodim 0612/Tasikmalaya dilaksanakan selama 3 hari mulai tanggal 11 s/d 13 September  2012.

Tujuan diselenggarakan latihan tanggap bencana ini untuk memberikan pemahaman dan membantu pemerintah daerah melakukan penanggulangan bencana alam meletusnya Gunung Galunggung jika sewaktu-waktu terjadi. Latihan ini dilaksanakan untuk meningkatkan kemampuan dalam prosedur hubungan Komandan dan Staf, dalam merencanakan, menyiapkan dan melaksanakan operasi bantuan kepada pemerintah daerah dalam penanggulangan bencana alam.

Pelaksanaan Geladi Posko I Kodim 0612/Tasikmalaya  ini dilaksanakan menggunakan jaringan LAN (Lokal Area Networking) yang tersambung dengan komputer/ laptop yang  basis web dengan bahasa pemrograman PHP dan database MySql, menggunakan software pendukung vypress chat yang dihubungkan dengan Komputer peserta dan penyelenggara Geladi.

Pangdam III/SLW dalam amanatnya yang dibacakan oleh Danrem 062/Tarumanagara  menyampaikan bahwa Geladi Posko-I yang dilaksanakan sekarang ini hendaknya tidak dipandang sebagai kegiatan rutin dalam rangka melaksanakan program latihan semata, akan tetapi harus dipahami sebagai kebutuhan dalam memelihara dan meningkatkan kemampuan kualitas profesionalisme Prajurit dan Satuan secara kelembagaan, guna menjawab tantangan tugas ke depan.

Lebih lanjut Danrem menyampaikan, Geladi ini sangat bernilai strategis, jika dihadapkan dengan tugas yang diemban oleh Kodim jajaran Kodam III/Siliwangi sebagai Komando kewilayahan di daerah yang secara fungsional bertanggungjawab menjamin terpeliharanya situasi yang kondusif bagi penyelenggaraan pertahanan negara, maupun kepentingan pembangunan nasional di daerah. Untuk melaksanakan tugas tersebut, maka diperlukan kualitas kinerja yang profesional dalam menciptakan ruang, alat dan kondisi juang yang kondusif bagi terselenggaranya tugas pokok .

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel