TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Babinsa Koramil Dukun Bantu Petani Siapkan Bibit Padi

By 11 May 2016 11:19Kodam IV/Diponegoro
semai

Dukun- Anggota Koramil 15 Dukun Kodim 0705/Magelang Serma Riyanto melaksanakan pendampingan pecabutan benih padi yang akan segera di tanam di lahan milik  Suparjo(52),  anggota poktan Ngudi Makmur, selasa (10/5).

Pendampingan kepada petani di mulai dengan sosialisasi mengenai program Pemerintah di bidang swasembada pangan Nasional, Bersinergi dengan dinas terkait seperi PPL turun  langsung ke desa memberikan arahan dan masukan kepada petani agar dapat meningkatkan prodoktifitas hasil tani khususnya komoditas padi,jagung dan kedelai.

“Kegiatan penyemaian padi harus disiapkan sebaik-baiknya untuk diperoleh bibit yang baik, sehingga pertumbuhan tanaman di sawah pun akan menjadi baik dan subur”,ujar Rianto.

Menanam padi dengan cara disemai  memang lebih menguntungkan karena benih yang disemai perawatannya menjadi lebih sedikit berbeda apabila benih langsung ditanam ke lahan sawah siap ditanam tentunya akan membutuhkan waktu dan tenaga yang banyak .Benih padi yang disemai idealnya berumur 15-20 hari harus sudah ditanam karena dengan usia benihbyang masih muda pertumbuhan benih akan lebih baik dan bisa menghasilkan anakan padi yang banyak sehingga hasil panen bisa optimal, berbeda dengan benih padi yang ditanam usianya lebih dari 20 hari petumbuhan tanaman lambat dan hasil anakan padi sedikit sehingga hasil panen juga berbeda dengan benih padi yang dibawah 20 hari.

Serma Riyanto menjelaskan bahwa untuk menyemai benih padi tanahnya harus subur,tidak terlindung pepohonan, sehingga bibit dapat memanfaatkan sinar matahari sebaik-baiknya serta dekat dengan sumber air,imbuh Rianto.

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Babinsa Koramil Dukun Bantu Petani Siapkan Bibit Padi