TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Naufal Raziq, Penemu Listrik dari Pohon Kedondong

By 01 Jun 2017 23:11Berita Satuan
10__1_

TNI AD – Aceh. Safari Ramadhan 1438 H yang diselenggarakan di Kodam IM, Rabu (31/5/17), Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo didampingi Ketua Umum Darma Pertiwi berkesempatan berbicara langsung kepada Naufal Raziq bocah asal Kota Langsa, Aceh.

Naufal Raziq merupakan salah satu bocah yang menemukan sumber listrik dari pohon kedondong. Walau hanya bocah Kelas 3 Madrasah Tsanawiyah Negeri, tapi dia adalah penemu energi listrik dari pohon kedondong (Spondias Dulcis Forst).

Pada kesempatan tersebut, Naufal Raziq menyampaikan kepada Panglima TNI, bahwa untuk menghasilkan energi listrik (pada pohon kedondong), pohon itu dipasangi rangkaian yang terdiri pipa tembaga, batangan besi, kapasitor, dan dioda.

“Dari pohon kedondong itu, bisa menghasilkan daya sebesar 0,5–1 Volt per elektroda,” jelas Naufal Raziq yang merupakan putra pertama dari tiga bersaudara pasangan Supriaman dan Nyonya Deski.

Naufal menjelaskan, arus listrik yang dihasilkan sangat bergantung kepada kadar keasaman pohon. Melalui beberapa evaluasi dan perbaikan, penemuan pohon listrik itu telah mampu menerangi puluhan rumah di Tampur Paloh, Kecamatan Simpang Jernih, Langsa, Aceh, untuk pencahayaan lampu pada malam hari.

Penemuan Naufal ini memang tidak datang begitu saja, bahkan tidak hanya dari sekolah. Dukungan sang ayah sangat membantu dalam percobaannya tersebut.
Penemuan Naufal merupakan kisah sukses sinergi antara Pertamina dan masyarakat dalam menciptakan inovasi yang memberikan solusi bagi permasalahan yang ada. Ini perlu dicontoh oleh daerah-daerah lain di Indonesia. (Pendam IM)

Join the discussion 4 Comments

  • Bubung kusyaman says:

    Maju terus TNI… rakyat bersama anda

  • hera says:

    Masya Allah.. Saya ikut terharu atas penghargaan Panglima TNI yang bersedia bertemu dengan anak ini. Anak ini tentu akan semakin termotivasi. Semoga TNI tetap bersama rakyat. Bravo !

  • Patut diteliti untuk pembangkit listrik darurat bagi prajurit yang sedang bertugas di area hutan supaya dapat memanfaatkan jenis” pohon tertentu.
    Setiap pohon pasti memiliki kisaran standar tertentu. Selamat meneliti 🙂

  • indra says:

    oh panglima…sudah dong jd panglima TNI nya…jd lah panglima buat INDONESIA biar kami rakyat hdp bahagia dan tentram…

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Naufal Raziq, Penemu Listrik dari Pohon Kedondong