TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Bedah Buku Soedirman dan Pameran Patung Soedirman

By 22 Dec 2017 17:57Kodam IV/Diponegoro
1a__2_

TNI AD – Korem 072/Pamungkas bekerjasama dengan Ikatan Alumni Lemhannas RI Komisariat Daerah Istimewa Yogyakarta (IKAL-DIY), menggelar launching (peluncuran) buku ‘Soedirman- The Great Genuine General’ Kegiatan ini juga bekerjasama dengan Bhumi Atala Dwipa Coorporation serta Yayasan Pangsar Soedirman. Peluncuran buku ini dilaksanakan di Museum Sasmitaloka Pangsar Soedirman di Jalan Bintaran Wetan, No. 3 Yogyakarta yang dahulunya merupakan kediaman pribadi Sang Jenderal, Rabu (20/12/17).

Acara launching buku ‘Soedirman- The Great Genuine General’ yang ditandai dengan bedah buku dengan Keynote Speaker Bapak Agum Gumelar, Prof. Dr. Anhar Gonggong dan Pengamat Politik dari President University Dr. Muhammad AS Hikam. APU ini adalah sebagai upaya untuk meneladani semangat dan perjuangan Jenderal Soedirman serta untuk memperingati Hari Juang Kartika Tahun 2017. Hadir juga Kasrem 072 Pamungkas Kolonel Inf Ida Bagus Surya yang mewakili Danrem serta 150 peserta tokoh-tokoh dari berbagai kelompok dan kalangan di DIY

Selain bedah buku ‘Soedirman- The Great Genuine General’, digelar juga pameran tunggal seni patung monumental Indonesia karya Maestro Yusman yang sudah 32 tahun berkarya. Pameran patung nantinya digelar di Jogja Gallery dan banyak menampilkan patung perjuangan Pangsar Jenderal Soedirman serta pahlawan – pahlawan nasional lainnya. Pameran ini rencananya akan digelar hingga 10 Januari 2018.

1a__3_

Sedikitnya 30 patung pribadi karya Yusman, 28 maket, dan 20 patung karya publik yaitu patung para pahlawan, tokoh atau figur yang tingginya rata-rata 3,5 meter akan di pamerkan, namun ada satu karya Yusman yang monumental berupa duplikat patung Pangsar Soedirman ditandu oleh 14 pasukan tentara dan rakyat setinggi 4 meter dan Pangsar Soedirman ditandu oleh pasukan setinggi 12 meter yang akan dipajang disudut Utara dan Timur Alun-Alun Utara Jogja.

Kasrem mengatakan dengan mengenang semangat perjuangan Jenderal Soedirman ini, diharapkan dapat menambah semangat Prajurit pada khususnya dan generasi Bangsa Indonesia pada umumnya untuk meneladani para pahlawan pejuang bangsa.

POS TERKAIT
Filter by
Post Page
Dinas Penerangan Artikel Tips Kesehatan Berita Satuan Puspen TNI Kodam IX/Udayana Kodam V/Brawijaya Kodam XII/Tanjungpura
Sort by

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Bedah Buku Soedirman dan Pameran Patung Soedirman