Kodam XII/Tanjungpura

Cor Jalan Berlumpur, Bantu Aktivitas Warga Bahaur

By 20 Mar 2019 No Comments
1a
#TNIAD #TNI-AD

JAKARTA, tniad.mil.id – Dalam rangka memudahkan warga beraktivitas, prajurit Kodim 1011/Plh bersama masyarakat Kelurahan Bahaur, Kecamatan Kahayan, melaksanakan kerja bakti pengecoran jalan desa sepanjang 250 meter.

Tersebut disampaikan Dandim 1011/Plh, Letkol Inf Bambang Kristianto, S.I.P., dalam rilis tertulisnya, di Kabupaten Pulang Pisau, Kalimantan Tengah, Rabu (20/3/2019).

Diungkapkan Dandim, pengecoran jalan desa dilaksanakan guna memudahkan masyarakat dalam mengangkut hasil ladang dan kebun bila menggunakan kendaraan roda dua dan roda empat.

“Jalan ini selama ini berlumpur dan berlubang, apalagi jika musim penghujan seperti saat ini, sulit bagi warga untuk melaluinya,”ujarnya.

“Jalan ini juga merupakan jalur utama yang sering kali dipakai masyarakat setempat untuk pergi ke pasar, termasuk juga mengantar anak-anak mereka ke sekolah, sehingga perlu segera dilakukan perbaikan,”ucapnya.

Lebih lanjut dijelaskan, pengecoran jalan sepanjang 250 meter ini, dipimpin Babinsa Koramil 12/Bahaur, Serka Wijatmoko bersama 75 orang warga yang dilaksanakan pada Selasa (19/3/2019). “Pengecoran ini merupakan usaha untuk memperlancar sarana transportasi, sehingga pengangkutan hasil pertanian akan semakin lancar,”tegasnya.

“Pengecoran jalan ini menggunakan dana yang berasal dari Pemerintah Kabupaten Pulang Pisau, TNI (Kodim) serta swadaya masyarakat,”jelas Bambang Kristianto.

Bambang Kristianto menjelaskan, kegiatan ini merupakan bagian dari tugas Babinsa sebagai pelaksanaan pembinaan teritorial yang harus selalu dekat bersama masyarakat di desa binaannya, utamanya saat ada kegiatan-kegiatan seperti kerja bakti ini.

“Dengan Babinsa terjun langsung, diharapkan mampu memotivasi masyarakat dalam meningkatkan kepedulian pada lingkungannya,”tuturnya.

Sementara itu, Serka Wijatmoko di sela-sela kegiatan menyampaikan bahwa pengecoran jalan yang dilaksanakan ini merupakan hasil musyawarah antara Kepala Desa bersama Babinsa dan tokoh masyarakat. “Bersama tiga pilar, kita bergotong-royong melaksanakan pengecoran, agar proses pengerjaan menjadi lebih mudah dan lebih cepat selesai,”sambungnya.

“Dengan kegotong-royongan seperti ini akan memupuk rasa persaudaraan serta kekompakkan masyarakat dalam menyelesaikan permasalahan lingkungannya,”terang Wijatmoko.

Dalam kesempatan itu juga, Ketua RW Kelurahan Bahaur Basantan Hj. Kayani (47) menyampaikan terima kasih kepada TNI (Babinsa) yang secara aktif ikut serta dalam pengecoran jalan tersebut.

“Dengan hadirnya Bapak Babinsa, masyarakat pun makin bersemangat bahu-membahu melaksanakan pengecoran jalan ini,”pungkasnya. (Dispenad)

Leave a Reply