Kodam IV/Diponegoro

Ajak Masyarakat Karya Bakti Perbaikan Irigasi Puring

Dibaca: 33 Oleh 17 Nov 2015Tidak ada komentar
#TNIAD, #TNIADMengabdiDanMembangunBersamaRakyat

Sejumlah Anggota Koramil 18/Puring yang langsung dipimpin oleh Bati Tuud Koramil 18/Puring Pelda Supardi bersama dengan masyarakat Desa Madurejo Kec. Puring Kab. Kebumen melaksanakan kegiatan karya bakti TNI perbaikan saluran irigasi dengan ukuran panjang 200 meter lebar 1 meter kedalaman 60 cm. yang melibatkan 300 orang masyarakat, Selasa (17/11/15).

Kegiatan kebersamaan ini merupakan wujud kepedulian Koramil 18/Puring dalam pembinaan wilayah melalui kegiatan bakti TNI, disamping dapat menginspirasi masyarakat lebih jauh sebagai perekat kemanunggalan TNI Rakyat sasaran perbaikan saluran irigasi di Desa Madurejo ini, berkaitan dengan datangnya musim penghujan agar tidak menimbulkan banjir. Disamping itu saluran irigasi yang diperbaiki akan berdapak lancarnya pengairan sejumlah sawah seluas 50 Ha.

”Sejauh ini seperti dibiarkan dan tidak ada perbaikan. Karena di beberapa titik kerusakan masih sama parahnya sebelum aliran air dihentikan. Ini yang mengundang pertanyaan, kerusakan di saluran irigasi ini sudah terjadi cukup lama. Petani berharap perbaikan saluran ini bisa secepatnya dilakukan tahun sebelum rusaknya tambah parah, fungsi lain disamping diadakan pengerukan tanah saluran irigasi juga tanah tersebut digunakan sebagai urugan kanan kiri jalan cor yang baru selesai dibangun pada beberapa waktu yang lalu,” kata Supardi.

Sementara itu, gelontoran air dari waduk Sempor ke saluran irigasi sudah dimulai awal Oktober lalu. Untuk tahap awal, air dari waduk Sempor akan digelontorkan dulu ke wilayah Puring, Adimulyo dan Sempor. Kemudian, untuk pasokan air ke Puring baru digelontorkan pada 15 Oktober 2015.

”Untuk masalah perbaikan saluran irigasi primer menjadi kewenangan PSDA Provinsi Jateng. Sedangkan yang ditangani dinas pengairan adalah saluran kecil menuju ke sawah,” jelasnya Supardi.

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel