Kodam V/Brawijaya

Anggota Ramil Tanjung Bumi Bersama Petani Tanam Padi di Tanggungguh Bangkalan

Dibaca: 51 Oleh 12 Jan 2016Tidak ada komentar
#TNIAD, #TNIADMengabdiDanMembangunBersamaRakyat

Angggota Bintara pembina desa dari Koramil 17/Tanjung Bumi, Kodim 0829/Bangkalan, membantu petani setempat menanam padi. Hal itu terkait dengan datangnya musim hujan di daerah tersebut,  Selasa (12/1).

Komandan Koramil 18/Kokop Kapten Inf Setyo Bhekti, mengatakan kegiatan teritorial tersebut mereka lakukan di lahan padi milik petani setempat, luas lahan seluas dua hektare di DesaTanggungguh, Kecamatan Tanjung Bumi, Kabupaten Bangkalan.

“Anggota turun langsung ke sawah untuk membantu petani menanam padi. Padi yang ditanam di lahan dengan sistem jajar legowo. Ini bentuk nyata pelaksanaan tugas teritorial,” katanya.

Ia menjelaskan bahwa TNI mendukung secara langsung di lapangan terhadap usaha pemerintah mewujudkan swasembada pangan. Bentuk keterlibatan langsung TNI dalam program swasembada pangan itu, dia mengatakan, dilaksanakan anggota di wilayah kerja teritorial masing-masing.

“Sebagai upaya mewujudkan secara nyata kemanunggalan TNI dengan rakyat. Selain itu juga mendukung dan menyukseskan upaya khusus dalam usaha mencapai swasembada pangan,” ucapnya.

Ia mengatakan para anggota Babinsa tidak memiliki keraguan turun langsung dalam membantu petani menanam padi dan membaur dengan petani. Bantuan langsung tersebut, antara lain membajak sawah, menanam padi, mengontrol pertumbuhan tanaman, hingga tahap panen.

Dia mengharapkan keterlibatan babinsa dapat membantu meningkatkan hasil panenan petani.Selain itu, ujarnya, menguatkan motivasi petani untuk mengelola lahan pertanian mereka.

“Apabila hasil panen meningkat maka kesejahteraan mereka juga semakin meningkat. Dengan meningkatnya kesejahteraan maka ketahanan nasional akan semakin kuat dengan didukungnya ketahanan pangan yang kuat pula,” katanya.

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel