Berita Satuan

Antisipasi Longsor, Kodim 0824/Jember Pasang Bronjong

Dibaca: 19 Oleh 11 Feb 2020Tidak ada komentar
Antisipasi Longsor, Kodim 0824/Jember Pasang Bronjong
#TNIAD, #TNIADMengabdiDanMembangunBersamaRakyat

JAKARTA, tniad.mil.id – Mengantisipasi longsor susulan pasca bencana banjir bandang, Kodim 0824/Jember memasang bronjong pada badan jalan dan sungai Kali Jompo di Desa Klengkung.

Hal tersebut disampaikan Dandim 0824/Jember Letkol Inf La Ode Muhammad Nurdin, dalam rilis tertulisnya di Jember, Jatim, Selasa (11/2/2020).

Diungkapkan Dandim, pemasangan bronjong yang merupakan bagian dari pelaksanaan karya bakti TNI untuk mengantisipasi longsor susulan pasca bencana banjir bandang di Desa Klungkung, pada awal Februari lalu.

“Tujuan pemasangan bronjong, untuk mengantisipasi terjadinya longsor dan memberikan rasa aman kepada warga,” kata La Ode.

Untuk memberikan rasa aman, lanjutnya, bronjong dipasang dibelakang rumah penduduk yang rawan longsor, serta badan jalan dan sungai Kali Jompo sebagai fokus utamanya.

Antisipasi Longsor, Kodim 0824/Jember Pasang Bronjong

“Bronjong di badan jalan dan sungai Kali Jompo, sepanjang 56 meter dengan tinggi 7 meter. Sedangkan perumahan penduduk, sepanjang 44 meter dan dengan tinggi 4 meter,” tambahnya.

Dijelaskannya lebih lanjut, pemasangan bronjong pada Senin (10/2/2020) memasuki hari ke sembilan, dengan melibatkan 307 personel dari Kodim 0824/Jember, Brigif Raider 9/K, Yon Armed 8/105 Tarik, Polres Jember, BPBD Jember, Dinas PU Kabupaten Jember, Karyawan Perkebunan Kali Jompo dan masyarakat.

“Di hari ke sembilan ini, personel gabungan TNI-Polri, relawan dan masyarakat, bahu membahu mempercepat pemasangan bronjong,” kata La Ode.

“Dengan hasil pekerjaan 60% untuk bronjong pada badan jalan dan sungai Kali Jompo, sedangkan yang berada di belakang rumah warga mencapai 50 %,” tambahnya.

Di tempat terpisah, Kapten Inf Sondah Krisyamto selaku Komandan pelaksana karya bakti TNI menyampaikan dalam pemasangan bronjong ini terus dilakukan percepatan dengan menambah pelibatan personel termasuk dari masyarakat.

“Semoga dapat segera kita selesaikan, sehingga masyarakat dapat beraktivitas tanpa khawatir terjadi longsor susulan,” harap Sondah. (Dispenad)

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel