Kodam IX/Udayana

APEL GELAR PASUKAN PAM VVIP KUNJUNGAN KERJA PRESIDEN RI

Dibaca: 186 Oleh 13 Jun 2014Tidak ada komentar
#TNIAD, #TNIADMengabdiDanMembangunBersamaRakyat

Kasdam IX/Udayana Brigjen TNI Danu Nawawi S.Sos mewakili Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Wisnu Bawa Tenaya sebagai Pimpinan Apel Gelar Pasukan Pengamanan VVIP Kunjungan Kerja Presiden Republik Indonesia dan Rombongan dalam rangka Membuka Pesta Kesenian Bali ke-36 Kamis (12/6) di Lapangan Makorem 163/Wira Satya.

Pada kesempatan tersebut Kasdam IX/Udayana membacakan amanat tertulisnya Pangdam IX/Udayana, Pangdam menyampaikan bahwa Pesta Kesenian Bali merupakan agenda rutin tahunan Pemerintah  Provinsi Bali yang dijadikan sebagai wadah aktivitas dan kreativitas para seniman dalam upaya ikut mendukung program pemerintah dalam penggalian, pelestarian dan pengembangan nilai-nilai seni  budaya Bali yang adhiluhung dan juga merupakan sarana positif untuk menarik wisatawan domestik maupun manca negara. Mengingat sangat pentingnya Pesta Kesenian Bali dalam upaya melestarikan nilai-nilai seni dan budaya masyarakat Bali sekaligus menarik wisatawan domestik maupun manca Negara, maka  sudah menjadi  sebuah  keharusan    bagi kita untuk menyukseskannya dengan cara berbuat semaksimal mungkin agar seluruh rangkaian kegiatan berjalan dalam suasana kondusif termasuk ketika Bapak Presiden membuka acara tersebut. Selanjutnya dalam amanat tertulisnya Pangdam mengharapkan bahwa operasi pengamanan yang telah dilaksanakan pada even-even sebelumnya, keberhasilan pelaksanaan pengamanan VVIP ditentukan oleh adanya kerja sama dan koordinasi yang baik antar satuan pelaksana pengamanan. Kesuksesan pelaksanaan tugas pengamanan pada kegiatan-kegiatan lain sebelumnya, hendaknya dapat dijadikan acuan dalam pelaksanaan tugas pengamanan kali ini serta apel gelar pasukan semacam ini merupakan sarana yang tepat untuk mengecek kesiapan pasukan pengamanan baik secara perorangan maupun satuan sesuai Prosedur Tetap (Protap) VVIP sehingga dalam pelaksanaannya nanti tidak terjadi tumpang tindih maupun salah prosedur. 

Hal ini menurut pangdam disampaikan mengingat kegiatan pengamanan seperti ini tidak mentolerir kesalahan sekecil apapun. Dengan demikian perlu adanya koordinasi antar unsur yang ada di lapangan sehingga bila terjadi kendala atau masalah akan segera dapat diatasi. Kodam IX/Udayana dibantu Polda Bali, Pemerintah Daerah dan unsur pendukung lainnya melaksanakan kegiatan pengamanan ini dengan mengerahkan sejumlah personel yang dalam pelaksanaannya memerlukan kejelasan tugas dan tanggung jawab, rantai komando yang efektif dan efisien. Selanjutnya Pangdam menekankan kepada seluruh personel yang terlibat dalam Satgas Pam harus memahami dan menguasai Prosedur Tetap pengamanan VVIP sesuai tugas dan tanggung jawab masing-masing, pegang teguh disiplin dengan memahami rantai komando yang efektif dan efisien, lakukan koordinasi secara optimal dengan seluruh unsur yang terkait dan laporkan dengan segera bila terdapat kejanggalan dalam pelaksanaan tugas.

Hadir pada Apel Gelar Pasukan Pengamanan VVIP Kunjungan Kerja Presiden Republik Indonesia dan Rombongan dalam rangka Membuka Pesta Kesenian Bali ke-36 diantaranya Wakapolda Bali Brigjen Pol I Gusti Ngurah Raharja Para Asisten Kasdam IX/Udayana, Para Kabalak Kodam IX/Udayana, Para Pejabat dari Polda Bali, Para pejabat dari Pemerintah daerah serta perwakilan dari Ormas dan barisan pasukan dari TNI, Polri, Pecalang, FKPPI, Pramuka.

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel