Kodam V/Brawijaya

Babinsa Bantu Petani Kendalikan Gulma Tanaman Padi di Mantingan Ngawi

Dibaca: 18 Oleh 27 Jan 2016Tidak ada komentar
#TNIAD, #TNIADMengabdiDanMembangunBersamaRakyat

Ngawi – Bintara Pembina Desa (Babinsa) Desa Sambirejo Koramil 0805/12 Mantingan jajaran Kodim 0805/Ngawi Sertu Sugiman, membantu petani membersihkan gulma (hama tanaman) rumput di lahan petani di kecamatan Mantingan, Kabupaten Ngawi, dengan luas lahan 3/4 ha,  Selasa (26/1).

Komandan Koramil (Danramil) 0805/12 Mantingan Kapten Inf Daryono, menjelaskan “gulma adalah salah satu kendala utama dalam memperoleh hasil yang tinggi dalam budidaya padi sawah. Persaingan gulma dengan padi dalam stadia pertumbuhan hingga masa pematangan sangat besar sekali pengaruhnya terhadap penurunan hasil panen”, jelasnya.

Lanjut Daryono, gulma dapat menurunkan hasil panen karena adanya persaingan antara gulma itu sendiri dengan padi, dalam pengambilan unsur hara, air dan cahaya. Di samping itu ada beberapa gulma yang dapat dijadikan tanaman inang oleh hama dan penyakit tanaman padi, sehingga kalau kita membiarkan gulma tumbuh tanpa dikendalikan, jelas kerugian akan kita dapatkan termasuk kerugian akibat peledakan hama dan penyakit.

“Pengendalian gulma padi sawah, umumnya sudah dilakukan oleh para Babinsa dan petani, baik dengan penggunaan tenaga manusia (penyiangan tangan) dengan peralatan khusus (landak/gasrok) ataupun cara kimiawi dengan penggunaan herbisida”, imbuhnya.

Dengan adanya kegiatan itu, tanaman padi akan tumbuh subur dan diharapkan hasil panen maksimal.

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel