Kodam IV/Diponegoro

Babinsa Koramil Jati Optimalkan Musim Kering Dengan Ajak Petani Tanam Jagung.

Dibaca: 673 Oleh 16 Jun 2015Tidak ada komentar
#TNIAD, #TNIADMengabdiDanMembangunBersamaRakyat

Datangnya musim kemarau di beberapa tempat wilayah Kecamatan Jati, khususnya di lahan tadah hujan, acapkali memberikan tantangan tersendiri bagi para petani terkait komoditas yang hendak mereka tanam. Komoditas yang memiliki adaptasi bagus di musim kemarau, seperti jagung, menjadi salah satu pilihan yang rasional bagi petani. Hanya saja bercocok tanam jagung dalam kondisi lingkungan yang kering juga tetap memerlukan perhatian khusus agar hasilnya optimal.

Ada beberapa tanaman palawija yang bisa diambil oleh petani untuk ditanam pada lahan mereka saat kemarau. Namun, salah satu tanaman yang paling cocok, yakni jagung.

“Himbauan itu untuk menghadapi kemarau yang sedang terjadi saat ini dan tahun mendatang. Kenapa ke palawija, karena palawija lebih tahan dengan kekeringan dan kurangnya asupan air saat ditanam,” kata Babinsa Desa Megawan Serka Parno bersama PPL Ibu Sukainah kepada petani desa tersebut pada Selasa (16/6).

Dengan lahan seluas 1,5 Ha milik Bapak Jainul serta menggunakan bibit jagung Hibrida dengan pemeliharaan yang intensif, diharapkan hasilnya cukup memuaskan.

“Jagung saat ditanam tidak membutuhkan lebih banyak air. Sehingga kalau kemarau seperti saat ini bisa tetap dipanen oleh petani. Hal ini juga untuk mendukung ketahanan pangan di wilayah,” kata Babinsa menambahkan.

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel