Kodam V/Brawijaya

Babinsa Koramil Labang Bersama Petani Jaga Kesuburan Tanaman Jagung

Dibaca: 55 Oleh 08 Jan 2016Tidak ada komentar
#TNIAD, #TNIADMengabdiDanMembangunBersamaRakyat

Bangkalan,- Babinsa Koramil 07/Labang jajaran Kodim 0829/Bangkalan, Sertu Jalil dan Kopka Tulus, melaksanakan kegiatan pendampingan petani jaga kesuburan tanaman jagung dengan bersihkan rumput liar di sekitar tamana di lahan milik petani desa Labang Kecamatan Labang, Bangkalan. Jum’at 8 Januari 2016.

Danramil 07/Labang Kapten Inf M. Sahri mengatakan, “monitoring tanaman milik petani oleh Babinsa dimaksudkan untuk mengetahui perkembangan dan kesuburan tanaman serta mewaspadai terhadap penyebaran hama pada tanaman jagung di wilayah Labang ini”, katanya.

Mulai dari penyiapan lahan sampai dengan pembedengan tanah sampai  membersihkan tunas dan rumput pada tanaman jagung di lahan 1 ha dilaksanakan secara bersama-sama antara Babinsa Ramil 07/Labang dan masyarakat setempat.

Bahwa pengelolaan lahan 1 ha ini diatur setiap harinya oleh Babinsa bersama masyarakat dan saat ini kami bersama masyarakat masih dalam perawatan tanaman cabe  secara intensif, karena tanaman ini selalu memerlukan sentuhan yang rutin sampai tanaman ber buah jagung.

Babinsa juga diminta mendata dan melaporkan, “Jangan lupa didata dan segera laporkan agar bisa ditindaklanjuti dengan cepat,” katanya.

Menurutnya, upaya tersebut untuk mendukung program swasembada pangan pada tahun 2017, di mana perlu ditindaklanjuti oleh para Babinsa di jajaran Kodim 0829/Bangkalan khususnya Koramil 07/Labang.

Kapten Inf M. Sahri menegaskan, tanggungjawab mengawal petanian di wilayah binaan merupakan perintah yang harus dijalankan dari Dandim. Bahkan dalam hal pertanian, anggota Koramil tidak ingin bermain-main untuk melaksanakan tugas ini semaksimal mungkin.

Dikatakan Kapten Inf M. Sahri, “untuk mencapai hasil yang maksimal, Babinsa diperintahkan ikut mendampingi petani, dari penyiapan lahan sawah, penyemaian bibit, monitoring perkembangan dan kesuburan tanaman hingga panen dan penyaluran ke Bulog.  Selain itu Babinsa dituntut agar mengetahui keluh kesah petani dan pola tanam sesuai dengan prosedur yang telah diajarkan demi hasil yang maksimal”, pungkasnya. Authentifikasi Kapenrem 084/BJ Mayor Inf Drs. Sutadji

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel