Kodam V/Brawijaya

Bela Negara Adalah Sikap Dan Perilaku Yang Dijiwai Kecintaan Kepada NKRI

Dibaca: 173 Oleh 16 Okt 2016Tidak ada komentar
#TNIAD, #TNIADMengabdiDanMembangunBersamaRakyat

Bertempat di Pantai Cemara Desa Sugihwarah Kecamatan Jenu, Dandim 0811/Tuban Letkol Inf Sarwo Supriyo, memberikan pembekalan tentang Bela Negara kepada 300 pelajar SMK Pelayaran Muhammadiyah Tuban selaku peserta Diklatsar Search And Rescue (SAR). Kamis (13/10/2016).

Dalam kesempatan tersebut, Dandim 0811/Tuban mengatakan bahwa Bela Negara adalah sikap dan perilaku warga negara yang dijiwai oleh kecintaannya kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) berdasarkan Pancasila dan UUD 1945, menjalin kelangsungan hidup Bangsa dan Negara. “Hal ini untuk mewujudkan generasi muda bangsa yang berkarakter serta berwawasan kebangsaan dan juga menumbuhkan persatuan dan kesatuan,” terangnya.

Dandim menjelaskan bahwa sejarah perjalanan bangsa, dimana kemerdekaan dan kemajuan bangsa Indonesia hingga saat ini yang kita rasakan didapat dari hasil pengorbanan para pahlawan. “Mereka tidak menikmati hasil perjuangannya, namun mereka rela berkorban demi kita,” ujar Dandim.

Dandim menekankan bahwa pelajar adalah generasi penerus kepemimpinan nasional.Pemuda tidak dapat melepaskan diri dari tanggungjawab atas problematika bangsa yang dihadapi saat ini.Sebagai pemuda harus mempersiapkan diri dalam menghadapi tantangan yang lebih besar untuk mengantisipasi terjadinya penjajahan gaya baru di segala aspek. “Belajar tekun, salah satu cara yang tepat untuk mengatasi permasalahan tersebut,” tegas Dandim.

Ia juga menambahkan, tentang ancaman Proxy War, dimana salah satu pihak menggunakan pihak ketiga untuk berperang. “Saya berharap, pelajar semakin memahami apa itu Proxy War, sehingga dapat menghindari bahaya dari serbuan budaya luar yang menyimpang,”pungkasnya. (Penrem 082)

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel