Kodam XVI/Patimura

Belajar Sabar dan Melaksanakan Shalat Sebagai Penolong Dunia Akhirat

Dibaca: 2377 Oleh 05 Jun 2014Tidak ada komentar
#TNIAD, #TNIADMengabdiDanMembangunBersamaRakyat

Isra’ Mi’raj merupakan perjalanan suci dan menjadi puncak perjalanan seorang hamba (Al-Abdi) menuju sang pencipta (Al-Khalik), suatu perjalanan menuju kesempurnaan rohani untuk menjadi insan kamil/sempurna, serta merupakan salah satu dari tiga perjalanan terpenting dalam sejarah hidup Rasulullah Muhammad SAW, selain perjalanan Hijrah dan Haji Wada’ sehingga merupakan perjalanan heroik dalam menempuh kesempurnaan dunia spritual. Hal itu yang disampaikan Pangdam XVI/Pattimura dalam sambutannya yang dibacakan Aspers Kasdam XVI/Pattimura Kolonel Kav. Kukuh Surya Sigit S.S.

Dalam sambutannya Pangdam menghimbau agar peringatan Isra Miraj memiliki arti yang sangat penting bagi kehidupan umat islam, karena disamping merupakan tradisi ritual yang dapat dijadikan sebagai wahana untuk menggali mutiara hikmah yang terkandung di dalamnya. Ada 3 (tiga) hikmah yang bisa diambil dari peristiwa Isra Miraj yaitu adanya penderitaan dalam perjuangan yang disikapi dengan kesabaran yang mendalam, kesabaran yang berbuah balasan dari Allah SWT berupa perjalanan Isra Miraj dan perintah shalat, serta shalat menjadi senjata bagi Rasullah SAW dan kaum Muslimin untuk bangkit dan merebut kemenangan.

 Ketiga hal diatas telah terangkum dengan sangat indah dalam salah satu ayat Al-Quran yang berbunyi “Jadikanlah sabar dan shalat sebagai penolongmu. Dan sesungguhnya yang demikian itu sungguh berat, kecuali bagi orang-orang yang khusyuk yaitu orang-orang yang meyakini bahwa mereka akan menemui Tuhannya, dan bahwa mereka akan kembali kepadanya-Nya.

 Lebih lanjut Beliau mengatakan bahwa perjalanan Isra Miraj, Nabi Muhammad SAW mendapat perintah sholat lima waktu dalam sehari semalam, yang kemudian menjadi ibadah wajib bagi setiap umat Islam. Ibadah sholat memiliki keistimewaan tersendiri dibandungkan ibadah wajib lainnya. Sejalan dengan Tema peringatan Isra Miraj kali ini yaitu “Jadikanlah peringatan Isra Miraj Nabi Muhammad SAW untuk meningkatkan kebersamaan dengan Rakyat dalam rangka menjaga Kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Pada kesempatan tersebut ceramah Isra’ Miraj yang disampaikan oleh Bpk. Ustadz H. Ma’ruf dari Bintaldam dengan mengajak seluruh Prajurit maupun PNS Kodam XVI/Pattimura Apabila sebagai manusia segala sesuatu yang dilakukan hanya berorientasi pada dunia maka tidak akan membawa ketenangan karena pasti ada iri dan dengki untuk itu harus ada keseimbangan antara kebutuhan dunia dan akhirat agar tercapai ketenangan yang hakiki. Peringatan Isra Miraj Nabi Muhammad SAW 1435 H diikuti perwakilan tiap-tiap satuan Perwira, Bintara dan PNS di jajaran Kodam XVI/Pattimura.

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel