Kodam V/Brawijaya

Dandim 0818 Jelaskan Mitigasi Bencana

Dibaca: 6 Oleh 11 Agu 2016Agustus 31st, 2016Tidak ada komentar
#TNIAD, #TNIADMengabdiDanMembangunBersamaRakyat

Potensi bencana alam di wilayah Kabupaten Malang menjadi latar belakang diselenggarakannya acara workshop penanggulangan bencana di Pendopo Kabupaten Malang pada Selasa 9-8-2016 yang lalu.

Bencana merupakan hasil interaksi alam dengan manusia. Ketika peristiwa geologi tidak mempengaruhi dan merugikan manusia maka hal tersebut dengan kegiatan alam biasa. Sedangkan peristiwa geologi yang mengakibatkan kerugian bagi manusia disebut bencana alam. Peristiwa geologi ini tidak dapat kita cegah atau tunda tapi hanya dapat kita hindari dan antisipasi sebelum terjadinya peristiwa geologi tersebut. Ilmu ini dinamakan dengan mitigasi bencana. Mitigasi bencana yang baik akan menghasilkan korban dan kerugian yang kecil. Sehingga diperlukan pengetahuan dan pemahaman mitigasi bencana yang baik di masyarakat.

Kabupaten Malang yang terletak di Provinsi Jawa timur selain memiliki kekayaan sumber daya alam yang luar biasa juga menyimpan potensi bencana geologi. Berbagai potensi bencana mengancam di wilayah ini.
Secara umum geologi kabupaten Malang dikelilingi gunung berapi di timur dan baratnya. sedangkan di bagian selatan terdiri dari perbukitan berumur tersier dan laut indonesia selatan. Berbagai kondisi ini mempunyai potensi kebencanaan antara lain : erupsi gunung berapi, tanah longsor, gempa bumi, tsunami serta banjir bandang.

Terkait dengan urgensi masalah mitigasi bencana ini maka dalam workshop tersebut Dandim 0818/ Kab. Malang-Batu Letkol Arm Muridan S.Si., M.Sc didaulat untuk menjadi pembicara. Memang pada kenyataannya, sebagai satuan komando kewilayahan yang berada dalam jajaran Korem 083/bdj seringkali melaksanakan latihan-latihan secara berkala dalam hal penanggulangan bencana alam. Latihan yang dilakukan juga mengikutsertakan instansi terkait di lingkungan Pemkab Malang agar terjalin sinergitas penanganan.

Sangat relevan ketika acara semacam ini juga dihadiri oleh seluruh danramil dijajaran kodim 0818 sebanyak 33 orang, dari pihak kepolisian 33 orang serta camat sekabupaten Malang dan pihak BPBD Kabupaten Malang.

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel