Kodam XVI/Patimura

Danramil 1508-05/Ddaruba Dampingi Poktan Tanam Padi Serta Cek Irigasi

Dibaca: 187 Oleh 25 Jun 2015Tidak ada komentar
#TNIAD, #TNIADMengabdiDanMembangunBersamaRakyat

Kamis, (25/06). Komandan Koramil 1508-05/Daruba di dampingi oleh Bintara Pembina Desa (Babinsa) Desa Anha, melaksanakan pemantauan dan pendampingan kelompok petani untuk persiapan tanam dan sekaligus mengecek saluran irigasi.

Danramil 1508-05/Daruba menegaskan bahwa, kegiatan pengawalan dan pendampingan kelompok tani ini dalam rangka pengecekan jaringan irigasi persawahan sekaligus memantau proses penanaman padi poktan Desa Anha. Pemberian air dari hulu sampai hilir pada persawahan memerlukan sarana dan prasarana irigasi yang memadai, sarana dan prasarana itu bisa berupa bendungan, saluran primer, saluran skunder, saluran tertier, bak bagi dan bangunan-bangunan ukur, jika hal tersebut dapat terpenuhi serta memadai sehingga hasil yang akan diperoleh para petani akan semakin meningkat, hal ini juga tentunya harus didukung dengan pemeliharaan dari para petani dan warga tentang pentingnya prasarana pertanian.

Lebih lanjut Dandim menyampaikan, Air merupakan salah satu faktor penentu (determinan) dalam proses produksi pertanian, oleh karena itu investasi irigasi menjadi sangat penting dan strategis dalam penyediaan air untuk pertanian, dalam memenuhi kebutuhan air untuk berbagai keperluan usaha tani maka air harus diberikan dalam jumlah, waktu dan mutu yang tepat. Jika tidak, maka tanaman akan terganggu pertumbuhannya.

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel