Berita Satuan

DANREM 044/GAPO MEMBUKA LATIHAN POSKO 1 KODIM 0418/PALEMBANG

Dibaca: 212 Oleh 12 Jun 2014Tidak ada komentar
#TNIAD, #TNIADMengabdiDanMembangunBersamaRakyat

Danrem 044/Gapo kolonel Inf Rochadi selaku Irup membuka latihan Posko 1 Kodim 0418/Palembang TA. 2014 tanggal 11 s.d. 13 Juni 2014 di Makodim 0418/Palembang, dalam sambutannya Danrem 044/Gapo menyampaikan bahwa Latihan Posko 1 Kodim 0406/MURA akan dilaksanakan selama 3 (tiga) hari berturut-turut, hal ini merupakan salah satu metode latihan taktis tanpa pasukan yang bertujuan untuk memelihara dan meningkatkan kemampuan Komandan dan Staf melalui prosedur hubungan Komandan dan Staf untuk merencanakan, menyiapkan operasi bantuan kepada Pemda setempat khususnya penanggulangan bencana alam.
Dengan demikian latihan ini dilaksanakan sebagai upaya mengaplikasikan rencana operasi dan menguji Protap satuan serta Komando, Kendali, Komunikasi, Komputerisasi dan Informasi guna menjaga kesiapan operasional dan kemampuan tugas satuan agar dapat dilaksanakan secara optimal. Untuk itu diperlukan pemeliharaan dan peningkatan kemampuan para unsur Komandan dan Staf Kodim 0418/Palembang, dalam melaksanakan prosedur penyelesaian masalah yang berkembang di wilayahnya. Sehingga diharapkan dapat bertindak secara profesional termasuk dalam berkoordinasi dengan semua stake holder yang ada di daerah, latihan ini diharapkan benar-benar realistis sesuai dinamika perkembangan lingkungan, yang pada gilirannya nanti, dalam aplikasi yang sesungguhnya, seluruh Prajurit Kodim 0418/Palembang akan mampu bertindak dengan cepat, tepat dan tuntas dalam mengatasi maupun dalam memberikan bantuan kepada Pemda terhadap ancaman dan permasalahan yang timbul, hal ini sesuai dengan tema Latihan Posko 1 Kodim 0418/Palembang ”Dengan Latihan Posko 1, Kodim 0418/Palembang siap miningkatkan kualitas mekanisme hubungan kerja Komandan dan Staf serta membantu menanggulangi akibat bencana alam, pengungsian dan pemberian bantuan kemanusiaan di wilayah Kota Palembang dalam rangka Operasi Militer Selain Perang”.
Hal ini menuntut konsekuensi dari para Perwira Kodim selaku aparat pembina kewilayahan untuk mampu merencanakan dan menyelenggarakan operasi bantuan kepada Pemda secara profesional dan proporsional.
Selanjutnya beberapa atensi sebagai penekanan untuk diaplikasikan selama penyelenggaraan latihan:
Pertama, manfaatkan latihan Posko-1 ini untuk menguji protap-protap satuan yang telah ada agar protap yang telah disusun mampu dioperasionalkan sesuai perkembangan situasi.
Kedua, agar pelaksanaan latihan Posko-1 Kodim ini dijadikan sebagai momentum untuk meningkatkan profesionalitas bagi Komandan Kodim beserta Staf dalam penguasaan manajemen operasi khususnya di bidang perencanaan operasi.
Ketiga, mekanisme perencanaan operasi hendaknya dilakukan sesuai realisme operasi yang sebenarnya, pelibatan aparat pemerintah sipil selama pelaksanaan latihan agar benar-benar dihadirkan, sehingga pelaksanaan latihan dapat menghasilkan produktivitas kerja yang tinggi.
Keempat, saya menghendaki out put dari pelaksanaan latihan ini mampu menghasilkan standard kualitas sebagaimana yang telah ditentukan pada sasaran latihan.
Kepada seluruh peserta latihan agar manfaatkan waktu yang relatif singkat ini untuk menghayati semua persoalan yang diberikan dalam skenario latihan sehingga terbangun suasana latihan yang serius dan penuh antusias dari para peserta sekalian.
kepada penyelenggara latihan, harus mampu mengarahkan realisme latihan sesuai dengan dinamika di lapangan yang sesungguhnya, mengarahkan sejauhmana koordinasi, komunikasi, sinergisitas hubungan kerja Komandan dan Staf serta dengan instansi terkait, terutama Pemerintah Daerah.
Kepada penyelenggara latihan, harus mampu mengarahkan realisme latihan sesuai dengan dinamika di lapangan yang sesungguhnya, mengarahkan sejauhmana koordinasi, komunikasi, sinergisitas hubungan Komandan dan Staf serta dengan instansi terkait, terutama Pemerintah Daerah.
Kegiatan dilaksanakan pada hari Rabu tanggal 11 Juni 2014 di lapangan Makodim 0418/Palembang, hadir pada kegiatan tersebut antara lain Dandim 0418/Palembang, Dandim 0402/OKI, Dandim 0405/Lahat, pejabat yang mewakili Kapolresta Palembang pejabat yang mewakili Danlanal Palembang, pejabat yang mewakili Walikota Palembang, Perwira, Bintara, Tamtama dan PNS Kodim 0418/Palembang, perwakilan personel upacara dari Polresta Palembang, BPBD Kota Palembang, Dinas perhubungan Kota Palembang, Dinas Pemadam Kebakaran Kota Palembang, PMI Kota Palembang, Dinas Sosial Kota Palembang, Wanra, PPM, Menwa dan Pramuka Saka Wira Kartika Kodim 0418/Palembang.

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel