Skip to main content
Kodam IX/Udayana

Danrem 162/WB dan Kapolda NTB Terima Penghargaan Dari Menparekraf

Dibaca: 6 Oleh 06 Nov 2021Tidak ada komentar
Danrem 162/WB dan Kapolda NTB Terima Penghargaan Dari Menparekraf
#TNIAD, #TNIADMengabdiDanMembangunBersamaRakyat

JAKARTA, tniad.mil.id- Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia (Menparekraf RI) Sandiaga Salahudin Uno dan ITDC memberi penghargaaan kapada Danrem 162/WB Brigjen TNI Ahmad Rizal Ramdhani dan Kapolda NTB Irjen Pol Mohammad Iqbal S.I.K MH beserta stakeholder lainnya atas peran aktifnya menyelesaikan lahan di KEK Mandalika, sehingga pembangunan Pertamina Mandalika International Street Circuit berjalan lancar.

Penyerahan penghargaan itu berlangsung di Pertamina Mandalika International Street Circuit, Lombok Tengah, Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB), Jumat (5/11/2021).

Dalam keterangan tertulis Penerangan Korem 162/WB, Sabtu (6/11/2021), Menteri Sandiaga bangga atas antusiasme pelaku UMKM di NTB khususnya di Kota Mataram.

Menparekraf RI Sandiaga Salahudin Uno mengucapkan terima kasih kepada Danrem 162/WB, Kapolda NTB, Kejaksaan, dan semua pihak yang terlibat dalam penyelesaian lahan di KEK.

Sandiaga Uno terkesan dengan leadership kedua pimpinan TNI dan Polri di NTB dalam menyelesaikan masalah di KEK Mandalila, kemampuannya berkolaborasi dengan semua pihak membuat Sandiaga Uno memuji leadership Danrem 162/WB dan Kapolda NTB.

“Saya ucapkan terima kasih kepada Bapak Kapolda NTB beserta jajaran, saya juga ucapkan terima kasih kepada Korem 162/WB, teman-teman kejaksaan, atas sumbangsihnya terhadap penyelesaian permasalahan lahan di KEK sehingga Alhamdulillah terselesaikan dengan baik, tepat waktu, tepat sasaran dan tepat manfaat,” ungkapnya.

Dia berharap, dengan selesainya segala jenis permasalahan di KEK, pembangunan berjalan lancar, ekonomi masyarakat kembali bergerak, lapangan kerja kembali terbuka, ekonomi segera bangkit dan masyarakat kembali bisa beraktivitas dan berkegiatan di tengah-tengah pandemi.

“Mudah-mudahan ekonomi bergerak dan masyarakat kembali sejahtera dengan terbukanya lapangan kerja,” imbuhnya

Selain penghargaan dari Menparekraf RI, Kapolda NTB juga menerima penghargaan dari pihak ITDC. Pihak ITDC merasa sangat terbantu dengan peran aktif dari Korem 162/WB dan Polda NTB dan jajaran serta pihak terkait lainnya atas penyelesaian lahan di KEK.

“Kami memberikan penghargaan kepada Danrem 162/WB dan Kapolda NTB terutama atas peran aktif dan jasanya dalam hal penyelesaian lahan di KEK,” ungkapnya

Dikatakannya, semua bisa menikmati sirkuit hari ini berkat peran dari Kapolda NTB dan jajaran, serta peran dari Forkopimda, Danrem, Kejaksaan dan lain-lain yang melakukan pendekatan humanis dalam pembebasan lahan, sehingga lahan seluas 6,4 hektar yang dulunya dihuni masyarakat, kini sudah berdiri Sirkuit kebanggaan Indonesia.

“Saya sangat apresiasi karena pendekatannya secara humanis dan selesai sampai tuntas,” terangnya.

Kapolda NTB yang menerima penghargaan itu mengatakan, itu merupakan vitamin baginya, untuk bekerja lebih giat, karena sudah tugasnya melindungi dan mengayomi masyarakat.

“Kita ini kan selain penjamin keamanan, kita melindungi dan mengayomi masyarakat, jadi dengan semangat itulah kami bersama Pak Danrem, seluruh tim memberikan pendekatan humanis, edukasi dari tahun 2020 lalu, Alhamdulillah selesai tidak ada masalah,” paparnya.

Iqbal meyakini bahwa senjata paling ampuh adalah komunikasi, pendekatan dari hati ke hati serta memberikan pencerahan kepada masyarakat.

“Ternyata senjata utama Polisi dan TNI dengan teritorialnya, bukan cuma KUHP, Borgol atau Water Canon, namun senjata yang paling ampuh adalah komunikasi, pendekatan dari hati ke hati memberikan pencerahan, Alhamdulillah selesai,” ungkapnya.

“Pesan dari negara bahwa jangan ada jejak sosial yang tertinggal, Alhamdulillah satu tetes darahpun tidak ada yang jatuh,” tambahnya.

Kapolda NTB juga tidak memungkiri keadaan saat ini, terkait masih adanya beberapa penduduk yang belum tuntas masalahnya, namun semua sudah selesai tinggal tunggu mekanisme pembayarannya saja dari pihak ITDC dan pemerintah.

“Ada beberapa penduduk yang masih ada di sini, tetapi sudah selesai semua masalahnya tinggal bagaimana mekanisme pembayarannya saja,” pungkasnya.

Adapun penerima penghargaan dari Menparekraf RI atas penyelesaian permasalahan lahan di Kawasan Ekonomi Khusus Mandalika di antaranya Kapolda NTB Irjen Pol M. Iqbal, S.I.K., MH, Danrem 162/WB diwakili oleh Kasrem 162/WB Kolonel Inf Sudarwo Aris Nurcahyo, S.Sos., M.M., Karoops Polda NTB Kombes Pol Imam Tobroni, S.I.K., MH, Kabid Propam Polda NTB Kombes Pol Awan Hariono, SH., S.I.K., MH, Kabid Humas Polda NTB Kombes Pol Artanto, S.I.K, Kapolres Sumbawa Besar AKBP Esty Setya Nugroho, S.I.K, Ditpam Ovit Polda NTB AKP Joko Tantomo, S.I.K, Kejari NTB Dr. Agus Candra, SH., MH, Kejati NTB Ikhsan Asri. (Dispenad)

Terkait

Kirim Tanggapan