Skip to main content
Kodam IX/Udayana

Danrindam IX/Udayana Buka Dikmata TNI AD Gel II TA. 2023

Dibaca: 266 Oleh 26 Okt 2023Tidak ada komentar
Danrindam IX/Udayana Buka Dikmata TNI AD Gel II TA. 2023
#TNIAD #TNIADMengabdiDanMembangunBersamaRakyat

JAKARTA, tniad.mil.id – Kegiatan Operasional Pendidikan (Opsdik) Prodi Dikmata TNI AD gelombang II TA 2023 dinyatakan dibuka melalui pernyataan pembukaan pendidikan yang disampaikan oleh Danrindam IX/Udayana, Kolonel Inf Wirawan Eko P, S.E., M.H dalam hal ini mewakili Pangdam IX/Udayana.

Upacara pembukaan pendidikan dilaksanakan pkl 09.00 WITA berlangsung dalam suasana yang hikmat di Kampus Secata Rindam IX/Udayana, Jalan Surapati No 140 Banyuning, Kecamatan Buleleng, Kabupaten Buleleng Bali, Rabu (25/10/2023).

Dalam kata sambutan tertulis yang dibacakan oleh Danrindam IX/Udayana selaku Irup, Pangdam mengatakan bahwa: “Pendidikan Pertama Tamtama TNI AD merupakan pendidikan dasar keprajuritan yang akan mengubah pola hidup dari masyarakat sipil menjadi seorang prajurit agar memiliki sikap, perilaku, pola pikir dan karakter sebagai Prajurit TNI AD. Melalui pendidikan ini, para Prajurit Siswa akan dibentuk menjadi Tamtama TNI AD yang berjiwa Sapta Marga, Sumpah Prajurit dan Delapan Wajib TNI sebagai landasan berpikir, bersikap dan bertindak.”

Menurut data yang diperoleh dari Staf Bagian Pendidikan Rindam IX/Udayana bahwa terdapat 129 orang Peserta Didik (Serdik) yang telah lulus dalam seleksi awal pemeriksaan administrasi sampai dengan Pantukhir tingkat pusat, dan hasil penyaringan akhir tingkat pusat hanya 83 orang yang berhasil berhak mengikuti pendidikan di Kampus Secata Rindam IX/Udayana pads Opsdik Dikmata TNI AD Gel II TA 2023.

Baca juga:  Bekali Otomotif Disertai Kedisiplinan Untuk Ikut Aktif Cerdaskan Anak Bangsa

Lebih lanjut Pangdam menyampaikan pesan bahwa: “Selama menempuh pendidikan, ikuti semua petunjuk dan arahan para Gumil maupun Pelatih serta laksanakan semua ketentuan yang berlaku dengan penuh rasa tanggung jawab. Perhatikan semua materi yang diajarkan baik dalam kegiatan fisik, pembentukan mental serta latihan taktik maupun teknik dasar keprajuritan. Siapkan diri kalian sebaik-baiknya, karena tahun ini pendidikan di TNI AD sudah berbasis Satuan Kredit Semester (SKS), dimana proses belajar mengajar telah disamakan dengan sistem kuliah sesuai Standar Nasional Perguruan Tinggi.

Hal ini merupakan wujud reformasi pendidikan demi menghasilkan Output yang mampu beradaptasi dan menjadi investasi bagi organisasi untuk dapat melaksanakan tugasnya dihadapkan pada perkembangan lingkungan yang semakin kompleks. Dalam pendidikan ini juga akan diadakan kegiatan mandiri atau Bimsuh di luar proses belajar mengajar di kelas sebagai bentuk pendewasaan bagi siswa untuk lebih menguasai materi yang diajarkan.”

Berdasarkan kurikulum pendidikan bahwa Opsdik Prodi Dikmata ini akan berlangsung selama 5 (Lima) bulan ke depan atau 20 (Dua Puluh) Minggu dengan jumlah pelajaran 20 (Dua Puluh) SKS = 835 JP(Jam Pelajaran) terhitung mulai tgl 25 Oktober 2023 s.d. 12 Maret 2024.

Baca juga:  Korem 162/Wb Menggelar Pasukan PHH

Diakhir amanat Pangdam menyampaikan pesan kepada Danrindam, Gadik dan Gapendik Secata “Saya titipkan seluruh Prajurit Siswa untuk dididik dan dilatih dengan sebaik-baiknya, laksanakan tugas dengan baik dan benar sesuai dengan tujuan Kurdik guna menghasilkan Prajurit yang Profesional sehingga dapat mendukung pelaksanaan tugas TNI AD di masa yang akan datang”.

Pada upacara pembukaan pendidikan turut hadir para tamu dan undangan yang melakukan foto bersama dengan Danrindam dari Asisten Kasdam dan Dan/Kabalak jajaran Kodam IX/Udayana,Ketua Persit Cabang X Rindam IX Udayana, Unsur Pemda Kabupaten Buleleng dan Kepala SPN Singaraja serta Kapolres Singaraja. (Dispenad).

Kirim Tanggapan

made with passion and dedication by Vicky Ezra Imanuel