Kodam V/Brawijaya

Diklatsar Brigade Penolong 1322 Bojonegoro, Terima Materi ” Water Rescue “

Dibaca: 231 Oleh 15 Nov 2015Tidak ada komentar
#TNIAD, #TNIADMengabdiDanMembangunBersamaRakyat

Bojonegoro ( 15/11 ). Sebanyak 67 orang perwakilan anggota Pramuka Penegak Kwartir Ranting se-Kabupaten Bojonegoro mengikuti Pelatihan Water Rescue, di Kolam renang BWS Jalan Panglima Polim, Sukorejo-Bojonegoro, pada Sabtu (14/11/2015).

Kegiatan yang diselenggarakan oleh Gerakan Pramuka Kwartir Cabang (Kwarcab) Bojonegoro, yang bekerjasama dengan Kodim 0813/Bojonegoro dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bojonegoro, merupakan rangkaian kegiatan dalam Pendidikan dan Latihan Dasar (Diklatsar), dimana para peserta tersebut tergabung dalam Brigade Penolong 13.22 Gerakan Pramuka Kwarcab Bojonegoro.

Wakil Ketua Brigade Penolong (BP) 13.22 Kwartir Cabang Bojonegoro, Wijianto, menjelaskan, diselenggarakannya pelatihan Water Rescue ini adalah bagian dari Program Kerja Kwartir Cabang Bojonegoro Tahun 2015 bidang Pengabdian Masyarakat, yaitu untuk membentuk potensi-potensi SAR dari Pramuka yang handal dan siap turun ke medan bencana, kapanpun dan dimanapun. “Kita memaklumi, bahwa potensi bencana di Kabupaten Bojonegoro adalah banjir dan bahaya orang tenggelam, maka dari itu dilaksanakanlah pelatihan Water Rescue ini,” jelasnya.

Lebih lanjut ia mengatakan, pada pelatihan tersebut para peserta Brigade Penolong akan menjalani tes kamampuan berenang, dan menerima materi self rescue di kolam renang BWS, dengan pemateri oleh Personel Kodim 0813 dan Tim Reaksi Cepat (TRC) BPBD Bojonegoro.

Adapun materi Pelatihan Water Rescue yang diterima oleh peserta, diantaranya pengenalan peralatan water rescue, Run Swim Run dan praktek atau simulasi penyelamatan di perairan.
“Selain itu, peserta juga dilatih Medical First Responded dan Perawatan lapangan darurat” ujar Wijianto.

Brigade Penolong (BP) 13.22 Gerakan Pramuka Kwarcab Bojonegoro, merupakan bagian dari bina masyarakat, semoga potensi-potensi ini utuh dan siap sedia ketika masyarakat Bojonegoro membutuhkan.( Penrem 082/CPYJ )

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel