Skip to main content
Satgas Pamtas

Dukung Ketahanan Pangan, Satgas Yonif 310/KK Bantu Warga Panen Padi Gogo di Perbatasan

Dibaca: 37 Oleh 27 Okt 2023Tidak ada komentar
Dukung Ketahanan Pangan, Satgas Yonif 310/KK Bantu Warga Panen Padi Gogo di Perbatasan
#TNIAD #TNIADMengabdiDanMembangunBersamaRakyat

JAKARTA, tniad.mil.id – Dalam rangka mendukung ketahanan pangan di wilayah perbatasan, Pos Yuruf Satgas Pamtas Statis RI-PNG Yonif 310/KK bantu panen padi gogo bersama Kelompok Tani Noweypa di Kampung Yuruf 2 Distrik Yaffi Kabupaten Keerom, Papua.

Padi merupakan tanaman pangan utama selain sagu, jagung dan umbi-umbian. Untuk menyeimbangkan kebutuhan pangan dengan jumlah produktivitas padi maka perlu memerhatikan dari cara penanaman dan yang tidak kalah penting adalah penanganan panen.

Hal tersebut dikatakan Dansatgas Yonif 310/KK Letkol Inf Andrik Fachrizal dalam keterangan tertulisnya, Kamis (26/10/2023)

Lebih lanjut dikatakan Dansatgas, padi gogo adalah jenis padi yang tidak ditanam di sawah seperti pada umumnya. Jenis padi ini ditanam di kebun atau di ladang. Kelebihan padi gogo adalah tidak memerlukan irigasi khusus.

“Ini merupakan bentuk kepedulian Satgas Yonif 310/KK dalam mendukung ketahanan pangan di bumi Cendrawasih. Melalui kegiatan seperti ini diharapkan akan tercipta komunikasi dan kerjasama yang baik sehingga dapat meningkatkan kebersamaan dan kekeluargaan antara TNI dengan warga,” jelas Dansatgas Letkol Inf Andrik Fachrizal.

Baca juga:  Satgas Kodim Yonif PR 328/DGY Bangun Komsos Dengan Warga Kampung Mamba Bawah Distrik Sugapa

Ditempat terpisah, Danpos Yuruf Letda Inf Agus Waluyo menambahkan acara panen padi gogo diawali dengan doa bersama memohon keberkatan dan keberkahan panen yang di pimpin oleh Tokoh Agama Bapak Buder Wempi. Masyarakat sebelumnya mengkonsumsi sagu dan jagung sebagai makanan pokok mereka, sehingga mayoritas masyarakat menanam padi merupakan hal yang baru.

Lanjut diungkapkan Danpos, panen padi ini merupakan keberhasilan yang patut di acungi jempol, karena seluruhnya dilakukan dengan swadaya masyarakat, mulai dari pembukaan lahan, pengolahan tanah, penyiapan bibit dan perawatan tanaman.

Dalam kesempatan ini pihaknya lakukan komunikasi dua arah kepada para warga tentang harapan kedepannya. Warga masyarakat Yuruf sangat membutuhkan bantuan dari pemerintah berkaitan dengan Alsintan (alat dan mesin pertanian) seperti Traktor, Rotavator bahkan mereka pun memerlukan bibit dan pupuk agar ketahanan pangan ini dapat terus berlangsung.

“Dengan kondisi yang serba seadanya namun dengan tekad yang kuat masyarakat dapat membuktikan bahwa mereka mampu berkarya,” ucap Letnan Agus.

Sementara itu, Ketua Kelompok Tani Noweypa Rafael Povay (36) menyampaikan terima kasihnya kepada personil Satgas Yonif 310/KK yang telah membantu dalam pelaksanaan panen hari ini.

Baca juga:  Satgas Yonif 743/PSY Bagikan POC Kepada Petani Anggur Perbatasan RI-RDTL

“Ucapan terima kasih kepada Pos Yuruf atas bantuan tenaga dan perhatiannya kepada Kelompok Tani Noweypa dalam kegiatan ini. Masyarakat sangat mengharapkan adanya bantuan yang dapat di berikan kepada kami, sehingga hal hal yang sudah kami perbuat dapat kami kembangkan dan kami sebagai masyarakat lebih semangat dalam mengembangkan pertanian ini,” tutupnya. (Dispenad)

Kirim Tanggapan

made with passion and dedication by Vicky Ezra Imanuel