Kodam Iskandar Muda

HUT Persit ke-71, Adakan Pemeriksaan Pap Smear dan IVA

Dibaca: 5964 Oleh 08 Mar 2017Januari 22nd, 2018Tidak ada komentar
#TNIAD, #TNIADMengabdiDanMembangunBersamaRakyat

Bertempat di Rumah Sakit  Tingkat II Kesehatan Daerah Militer Iskandar Muda, sebanyak 169 orang anggota Persit  Kartika Chandra Kirana dari jajaran  Kodam Iskandar Muda hadir dalam pemeriksaan  Pap Smear dan  Infeksi Visual dengan Asam Asetat (IVA), Selasa (7/3/17).

Pemeriksaan  Pap Smear dan IVA tersebut  dalam rangka memperingati  HUT ke- 71 Persit Kartika Chandra Kirana tahun 2017. Ketua persit Kartika Chandra Kirana PD Iskandar Muda Nyonya Dewi Tatang Sulaiman yang diwakili oleh Wakil Ketua Persit PD Iskandar Muda Nyonya Intan Achmad Daniel Chardien mengatakan, pemeriksaan Pap Smear dan IVA  adalah bentuk kepedulian tentang kesehatan reproduksi wanita  khususnya anggota persit Kodam Iskandar Muda. Tujuan diadakan pemeriksaan ini untuk  mendeteksi dini dan menekan serta menurunkan jumlah penderitaan kanker servik.

“Para wanita tidak hanya tergerak secara mandiri dan sukarela melakukan deteksi dini, tapi juga menjadikan dekteksi dini menjadi kebutuhan sehingga dapat mengambil langkah tepat untuk menindaklanjuti hasil Pemeriksaan”, ujar Nyonya Intan.

Untuk itu, Nyonya Intan  berharap,  dengan kegiatan pencegahan dan pengendalian melalui metode Pap Smear dan IVA dapat mencegah penyakit kanker. Deteksi dini penyakit kanker dapat terus dilaksanakan secara berkesinambungan  sehingga dapat menurunkan angka kesakitan dan kematian akibat kanker serviks serta dapat meningkatkan derajat kesehatan masyarakat terutama Anggota Persit.

Baca juga:  Babinsa Setia Dampingi Petani Tingkatkan Produktivitas Padi

Dalam pemeriksaan Pap Smear dan IVA inin ditangani langsung oleh Dr. Lili Kuswani Sp.OG,  yang kesehariannya berdinas di Rumkit TK II Kesdam IM.

Dr. Lili Kuswani Sp.OG menjelaskan tentang Pap Smear dan  IVA. Untuk  Pap Smear adalah suatu metode pemeriksaan sel – sel yang diambil dari servik dan kemudian pemeriksaannya menggunakan mikroskop.

Perubahan sel – sel servik yang terdeteksi secara dini akan memungkinkan beberapa tindakan pengobatan  sebelum sel-sel tersebut dapat berkembang menjadi sel kanker.

Sedangkan IVA adalah pemeriksaan servik dengan melihat langsung servik setelah memulas servik dengan larutan asam asetat 3 – 5 %. “Bila setelah pulasan asam asetat 3 – 5 % ada perubahan warna yaitu tampak bercak putih, maka kemungkinan ada kelainan tahap pra kanker,” terangnya.

Turut hadir dalam pemeriksaan Pap Smear dan IVA antara lain Kepala Kesehatan Kodam Iskandar Muda, Kolonel Ckm dr. Tjatur Winarsanto, Sp.Pd, Kepala Rumah Sakit Tk II Kesdam IM, Kolonel Chk Khairulsyah serta para pengurus persit Kartika Chandra Kirana PD Iskandar Muda. (Pendam IM)

Baca juga:  Pangdam IM : Alih Jabatan Harus dapat Melahirkan Karya Terbaik

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel