Kodam III/Siliwangi

Kasad Tutup Ekspedisi NKRI Maluku dan Maluku Utara 2014 

Dibaca: 776 Oleh 30 Jun 2014Tidak ada komentar
#TNIAD, #TNIADMengabdiDanMembangunBersamaRakyat

Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Budiman menutup kegiatan Ekspedisi NKRI Koridor Maluku dan Maluku Utara Tahun 2014, penutupan dipimpin langsung Kasad di Pusdikpassus, Batujajar, Kabupaten Bandung Barat, Jum’at (27/6).

Ekspedisi NKRI ke Empat 2014 meliputi wilayah timur Indonesia yaitu, Maluku dan Maluku Tenggara. Ekspedisi ini melibatkan unsur diluar TNI-AD.

Selama 4 Bulan, dimulai sejak,  24 Februari hingga 19 Juni 2014 rombongan mengarungi wilayah Maluku dan Maluku Tenggara, dengan kekuatan 1.150 peserta yang tergabung dari berbagai unsur, Militer ; Kopassus, TNI AD, AL, dan AU. Sipil ; POLRI, Peneliti, Dosen, Mahasiswa, Organisasi Kepemudaan dan Pramuka.

Hasil dari ekspedisi, peneliti berhasil menemukan ragam kekayaan alam Indonesia mulai dari jenis baru Flora dan spesies Fauna, “Untuk di bidang Flora, hampir didapat lebih dari Seribu penemuan, dari seribu penemuan ada sekitar 396 Flora yang belum diketahui namanya dan 189 lagi masih harus diselidiki nama-namanya” tutur Kasad, kepada wartawan.

Untuk spesies Fauna, Tim Ekspedisi NKRI juga menemukan 900 jenis fauna “Sebanyak 900 jenis Fauna, 300 jenis belum diketahui namanya dan 180 masih memerlukan penelitian lanjutan” tambahnya.

Sebelumnya TNI AD juga menggelar Ekspedisi serupa di Tahun 2011, penjelajahan di pulau Sumatera, mengambil nama Bukit Barisan. Pada tahun 2012 meliputi wilayah ekspedisi Khatulistiwa menjangkau pedalaman Kalimantan dan Koridor NKRI Sulawesi di Tahun 2013. (Pendam III/Slw)

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel