Kodam II/Sriwijaya

KASI PERSONEL KOREM 044/GAPO SELAKU IRUP UPACARA SUMPAH PEMUDA

Dibaca: 305 Oleh 28 Okt 2014Tidak ada komentar
#TNIAD, #TNIADMengabdiDanMembangunBersamaRakyat

Palembang, Kasi Personel Korem 044/Gapo Letnan Kolonel Inf Gambuh Sri Karyanto, Amd, mewakili Komandan Korem 044/Gapo Kolonel Inf Suko Basuki selaku Irup upacara peringatan Sumpah Pemuda tanggal 28 Oktober 2014 yang diikuti oleh personel militer dan PNS Korem 044/Gapo bertempat dilapangan apel Makorem 044/Gapo pada hari selasa tanggal 28 Oktober 2014 pukul 07.00 Wib, dihadiri oleh para Kasi, Pasi, Kabalak, Perwira, Bintara, Tamtama dan PNS Korem 044/Gapo.

Dalam upacara tersebut dibacakan teks Pancasila, pembukaan UUD 1945, Putusan kongres Pemuda-pemuda Indonesia yang berisi antara lain Kerapatan pemuda-pemuda Indonesia yang diadakan oleh perkumpulan-perkumpulan pemuda Indonesia yang berdasarkan kebangsaan, dengan namanya Jong Java, Jong Sumatera (Pemuda Sumatera), pemuda Indonesia, Sekar rukun, Jong Islamieten Bond, Jong Bataks, Jong Jong Celebes, pemuda kaum Betawi dan perhimpunan pelajar-pelajar Indonesia. Membuka rapat pada tanggal 27 dan 28 Oktober di negeri Djakarta, sesudahnya mendengar pidato-pidato dan pembicaraan yang diadakan didalam kerapatan tadi, sesudah menimbang segala isi pidato-pidato dan pembicaraan ini, kerpatan lalu mengambil keputusan:
Pertama: Kami Poetera dan Poeteri Indonesia mengakoe bertoepah darah jang satoe, tanah Indonesia,
Kedua: Kami Poetera dan Poeteri Indonesia mengakoe berbangsa jang satoe, Bangsa Indonesia,
Ketiga: Kami Poetera dan Poeteri Indonesia menjoenjoeng bahasa persatuan, Bahasa Indonesia.

Demikian sekilas isi putusan kongres pemuda-pemuda Indonesia yang dilaksanakan pada tanggal 27 dan 28 Oktober 1928. Selanjutnya dengan memaknai Sumpah Pemuda tahun ini, adalah bagaimana generasi muda memahami arti mereka sebagai generasi penerus yang bakal membawa tongkat estafet, jadi mereka harus bersiap lewat pendidikan yang baik, Peringatan Sumpah Pemuda kali ini mengambil tema “Bangun Soliditas Pemuda Maju dan Berkelanjutan”. makna tema itu mengandung pesan bahwa pemerintah melakukan upaya agar pemuda dapat memainkan peran secara optimal sebagai perekat persatuan bangsa.

Mentalitas para pemuda Indonesia harus terus dibangun agar menjadi pemuda-pemuda yang unggul, berkompeten, dan berdaya saing, untuk dapat berkompetisi dalam persaingan global yang semakin kompetitif.

Selamat Hari Sumpah Pemuda ke-86 tanggal 28 Oktober 2014. Semoga melalui peringatan ini, kita akan selalu menghormati jasa para pemuda, jasa para pendiri bangsa, dan jasa para pahlawan kita dengan tetap menjaga keutuhan, kedaulatan, persatuan dan kesatuan Negara Republik Indonesia yang kita cintai bersama.Penrem 044/Gapo

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel