Berita Satuan

Kembali Ciptakan Inovasi, Bengpuspal Puspalad Serahkan UVC Blower Kepada Walikota Bandung

Dibaca: 22 Oleh 18 Feb 2021Tidak ada komentar
Kembali Ciptakan Inovasi, Bengpuspal Puspalad Serahkan UVC Blower Kepada Walikota Bandung
#TNIAD, #TNIADMengabdiDanMembangunBersamaRakyat

JAKARTA, tniad.mil.id – Kamis pagi Kabengpuspal Puspalad, Kolonel Cpl Octovianus Oskar E., S.I.P bertolak ke Pendopo Walikota Bandung yang terletak di Jl. Dalem Kaum No.56, Balonggede, Kecamatan Regol, Kota Bandung untuk bersilaturahmi dengan Walikota Bandung H. Oded Muhammad Danial, S.A.P. ⁣

Dalam keterangan tertulis Penerangan Bengpuspal Puspalad, Kamis (18/2/2021), agenda pada Kamis pagi ini merupakan ajang silaturahmi Kolonel Cpl Oscar yang sudah sejak pertengahan tahun 2020 menjabat sebagai Kabengpuspal Puspalad dengan Walikota Bandung selaku Kepala Daerah di Kota Bandung.

Selain bersilaturahmi, kunjungan Kolonel Cpl Oscar ke Pendopo Walikota Bandung ini dalam rangka penyerahan satu unit alat Ultraviolet C (UVC) Blower yang menjadi inovasi Bengpuspal Puspalad.⁣

“Penyerahan UVC Blower pada Walikota Bandung ini merupakan salah satu wujud peran aktif Bengpuspal Puspalad dalam menekan penyebaran virus Covid-19 di Kota Bandung yang menjadi markas satuan Bengpuspal Puspalad, ” tutur Perwira Menengah dengan tiga melati yang biasa disapa Oscar.

Dijelaskannya, secara umum, alat inovasi ini hampir mirip seperti Air Conditioner (AC) atau pendingin ruangan.

“Konsepnya, udara dari ruangan akan ditarik masuk ke dalam alat ini. Setelah masuk, udara akan disterilkan dengan sinar ultraviolet yang ada di dalamnya, ” terang Oscar.

Lebih lanjut dirinya menerangkan, udara yang diklaim sudah terbebas dari virus dan bakteri ini kemudian akan kembali dikeluarkan. Sehingga, udara yang ada di ruangan akan jauh lebih bersih dan meminimalisasi potensi penyebaran virus atau bakteri.

Kabengpuspal Puspalad mengatakan, inovasi anggotanya itu dilakukan baru-baru ini. Alat ini pun sudah ditempatkan di beberapa institusi di bawah TNI.

“Inovasi ini baru saja kita buat tahun ini karena situasi Covid -19. Alat ini dalam ruangan, namun, agar lebih maksimal, satu alat ini sebaiknya digunakan di dalam ruangan dengan luas tak lebih dari 45 meter persegi. Jika lebih dari itu, jumlah alat yang dipasang sebaiknya lebih dari satu, ” ungkapnya.

Pada kesempatan yang sama, Mang Oded sapaan akrab Walikota Bandung, mengapresiasi dan mendukung inovasi Bengpuspal Puspalad terutama di tengah pandemi Covid-19.

Kembali Ciptakan Inovasi, Bengpuspal Puspalad Serahkan UVC Blower Kepada Walikota Bandung

Mang Oded tidak menampik jika UVC Blower berfungsi dengan baik, Blower tersebut akan diaplikasikan di setiap ruangan di Pendopo Walikota Bandung sebagai salah satu langkah nyata penekanan penyebaran Covid-19 di lingkungan Pemerintah Kota Bandung.⁣

Untuk diketahui, dalam menekan penyebaran Covid -19, Bengpuspal Puspalad juga telah berinovasi dengan menciptakan alat pencuci tangan otomatis (Automatic Wash Hand/AWH) yang telah digunakan beberapa satuan Angkatan Darat di Bandung. (Dispenad)

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel