Kodam I/Bukit Barisan

Kodam I/bb Siap Sukseskan Ketahanan Pangan Nasional

Dibaca: 81 Oleh 17 Nov 2015Tidak ada komentar
#TNIAD, #TNIADMengabdiDanMembangunBersamaRakyat

Pangdam I/BB diwakili Irdam l/BB Kolonel Inf Bambang Ismawan Buka Kegiatan Pelatihan Pembuatan Pupuk Organik, Budidaya Holtikultura dan Padi di Balai Pelatihan Pertanian Dinas Pertanian Provinsi Sumatera Utara Jalan A.H. Nasution, Senin (16/11).

Dalam sambutannya Pangdam I/BB Mayjen TNI Lodewyk Pusung yang di bacakan Irdam l/BB Kolonel Inf Bambang Ismawan mengatakan dalam rangka menyukseskan program upaya khusus ketahanan pangan Nasional sekaligus untuk mewujudkan peningkatan produksi pertanian, maka TNI sebagai tenaga pendamping perlu meningkatkan kemampuan khusus dibidang pertanian sehingga bisa melaksanakan pendampingan kepada para petani secara maksimal. Sehubungan dengan hal tersebut Pangdam I/BB menyambut baik dilaksanakannya kegiatan pelatihan dibidang pertanian bagi prajurit TNI, dengan harapan kegiatan tersebut para prajurit Kodam I/BB bisa mengoptimalkan dukungannya dalam program ketahanan pangan dimasa yang akan datang.

Lebih lanjut Pangdam I/BB menyampaikan bahwa Kodam I/BB dan jajarannya siap untuk mendukung suksesnya swasembada pangan Nasional Tahun 2017, sebagaimana yang telah dicanangkan oleh Presiden RI Bpk. Ir. Joko Widodo pada Tahun 2014 yang lalu. Untuk mendukung terwujudnya swasembada pangan Nasional Tahun 2017 maka Kodam I/BB mengambil langkah-langkah kebijakan, salah satunya adalah meningkatkan kualitas para prajurit di bidang pertanian melalui kerja sama dengan Dinas Pertanian Provsu dan stake holder terkait lainnya. Kegiatan pelatihan pembuatan pupuk organik budidaya tanaman Holtikultura di polybag dan tanaman padi dengan pola semi organik diikuti 180 orang peserta terdiri dari Babinsa dan prajurit Batalyon jajaran Kodam I/BB sebanyak 139 orang dan Kelompok Tani 41 orang. Kegiatan pelatihan dibagi 2 gelombang, gelombang ke-I dilaksanakan pada tanggal 16 s.d 18 November 2015 dan gelombang ke-II dilaksanakan tanggal 19 s.d 22 November 2015.

Kegiatan pelatihan bertujuan  untuk meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia dan merubah pola pikir petani yang selama ini masih menggunakan cara-cara lama dirubah dengan sistem pertanian yang baru atau modern. Oleh karena itu kemampuan pembuatan ramuan pupuk kompos atau pupuk kandang, budidaya tanaman holtikultura dan budidaya padi denagn pola semi organik harus ditransfer kepada para petani guna meningkatkan hasil produksi pertanian.

Pangdam I/BB juga mengingatkan kepada seluruh peserta agar benar-benar mengikuti dengan baik dan bertanggungjawab sehingga produksi pangan dalam jangka waktu 3 tahun ke depan dapat tercapai dan disamping itu juga  kegiatan ini merupakan wujud kemanunggalan TNI dengan masyarakat serta komponen Bangsa lainnya.

Sementara itu Kadis Pertanian Prov Sumut yang diwakili Sekretaris Dinas Pertanian Ir. Hj. Ichroni Hasibuan mengucapkan terima kasih kepada Pangdam I/BB dan jajarannya atas peran serta dan komitmen yang kuat dari Kodam I/BB untuk mensukseskan tercapainya swasembada pangan diwilayah Sumatera Utara. Lebih lanjut Ichroni Hasibuan mengharapkan peran serta TNI khususnya jajaran Kodam I/BB yang ada diwilayah Sumatera Utara bersama-sama dengan  Dinas Pertanian untuk melakukan pendampingan kepada para petani sehingga apa yang menjadi harapan Bpk. Presiden RI dapat diwujudkan yaitu tercapainya swasembada pangan Nasional pada Tahun 2017.

Hadir dalam kegiatan tersebut Sekretaris Dinas Pertanian Provsu, Kepala BPPT Sumut dan Stak Holder Pertanian se-Sumut.

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel