Kodam I/Bukit Barisan

Kodam I/Bb Tetap Komit Terhadap Program Penghijauan Melalui Gerakan Toba Go Green

Dibaca: 11 Oleh 16 Sep 2015Tidak ada komentar
#TNIAD, #TNIADMengabdiDanMembangunBersamaRakyat

Program Pemerintah untuk menanam 1 Milyar pohon merupakan gerakan yang digagas oleh Presiden RI pada Tahun 2010 sebagai tindak lanjut dari penetapan Hari Menanam Pohon Indonesia dan Bulan Menanam Nasional yang telah dicanangkan dan ditetapkan melalui Keputusan Presiden RI Nomor 24 Tahun 2008 pada tanggal 21 Oktober 2008.  Gerakan menanam ini merupakan gerakan nyata penanaman pohon secara serentak yang bertujuan untuk menambah tutupan lahan dan mencegah terjadinya banjir serta tanah longsor, konservasi keanekaragaman hayati, penyerapan karbon untuk mencegah dampak perubahan iklim, serta mendukung pembangunan ketahanan pangan, energi, dan ketersediaan air untuk kesejahteraan masyarakat.

Gerakan ini dilaksanakan diseluruh wilayah Indonesia termasuk salah satunya di kawasan Danau Toba melalui kegiatan “Toba Go Green yang di gagas oleh Pangdam I/BB sejak tahun 2011 dan dilaksanakan secara berkelanjutan melalui kerjasama dengan seluruh Stake Holder yang ada di wilayah Provinsi Sumatera Utara. Sampai pada Tahun 2014 jumlah pohon yang sudah ditanam melalui gerakan Toba Go Green Kodam I/BB sebanyak 2.529.745 pohon yang tersebar di 7 Kabupaten di sekitar kawasan Danau Toba yang meliputi Kab. Dairi, Humbahas, Taput, Tobasa, Samosir, Simalungun dan Kab. Karo.

Pada Tahun 2015 ini gerakan Toba Go Green ditargetkan akan menanam sebanyak 500.000 pohon berbagai jenis endemis sesuai dengan kontur lahan yang ada disekitar kawasan Danau Toba. Pencanangan penanaman secara serentak akan dilaksanakan pada tanggal 19 September 2015 yang dipusatkan di Kab. Samosir, sebelumnya kegiatan sudah diawali dengan pembuatan lubang tanam dan pendistribusian bibit ke Desa Paraduan  sebanyak 50.200 batang dan Desa Sabugani Huta sebanyak 50.680 batang Kec. Ronggurni Huta, Personel Kodam I/BB yang terlibat dalam kegiatan tersebut sebanyak 175 orang.

Dengan direncanakannya kegiatan penanaman secara serentak tersebut diharapkan dapat menggugah semangat masyarakat sekitar kawasan Danau Toba ikut bertanggung jawab dalam menjamin hijaunya kembali kawasan eko system di sekitar Danau Toba. Melalui gerakan Toba Go Green, Pangdam I/BB ingin mengajak kepada seluruh elemen masyarakat agar menumbuh kembangkan semangat untuk melestarikan kawasan Danau Toba, sehingga akan tetap terjamin masa depan anak cucu nantinya.

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel