Kodam II/Sriwijaya

Kodam II/Swj Gelar Upacara Hari Sumpah Pemuda

Dibaca: 305 Oleh 29 Okt 2014Tidak ada komentar
#TNIAD, #TNIADMengabdiDanMembangunBersamaRakyat

Sebagai wujud penghargaan dan penghormatan terhadap momentum bersejarah Hari Sumpah Pemuda dan mengenang kembali nilai-nilai yang terkandung di dalamnya serta untuk membangun semangat persatuan dan kesatuan dalam kehidupan berbangsa dan berbegara, Kodam II/Swj, Selasa (28/10/2014) melaksanakan upacara peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-86 tahun 2014, bertempat di lapangan Makodam II/Swj – Palembang.

Nilai-nilai luhur yang dikrarkan para pemuda Indonesia pada peristiwa bersejarah Sumpah Pemuda tanggal 28 Oktober 1928 adalah nilai-nilai kebangsaan dan sumpah setia, ”satu nusa, satu bangsa, dan satu bahasa, Indonesia”, serta semangat kebersamaan, persaudaraan, persatuan dan kesatuan.

Upacara peringatan Hari Sumpah Pemuda, yang dipimpin langsung oleh Kasdam II/Swj Brigjen TNI Toto S Moerasad, ditandai dengan pengibaran bendera merah putih, pembacaan teks Pancasila, mengheningkan cipta untuk arwah para pahlawan dan pendahulu, dan pembacaan pembukaan UUD Negara RI tahun 1945 serta pembacaan do’a.

Selain itu, juga dibacakan putusan Konggres Pemuda-Pemuda Indonesia tahun 1928, yang antara lain berisi kerapatan pemuda-pemuda Indonesia yang diadakan perkumpulan-perkumpulan pemuda Indonesia yang berdasarkan kebangsaan, dengan nama Yong java, Yong Sumatera, pemuda Indonesia, Sekar Rukun, Yong Islamieten Bond, Yong Bataks Bond, Yong Celebes, Pemuda Kaum Betawi dan Perhimpunan Pelajar-Pelajar Indonesia. Dalam kerapatan tersebut, pemuda-pemuda Indonesia memutuskan bertumpah darah yang satu, tanah Indonesia; berbangsa yang satu, bangsa Indonesia; dan menjunjung bahasa persatuan, bahasa Indonesia.

Upacara peringatan Hari Sumpah Pemuda yang berlangsung dengan tertib dan khidmat tersebut juga dihadiri oleh Irdam II/Swj Kolonel Inf Teguh Pambudi, para Asisten, LO Angkatan Laut dan LO Angkatan Udara, Kabalak Kodam II/Swj, segenap para prajurit dan PNS Kodam II/Swj se-Garnizun Palembang.

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel