Skip to main content
Kodam IV/Diponegoro

Kodim 0710/ Pekalongan Siapkan Lahan Untuk Ketahanan Pangan

Dibaca: 66 Oleh 12 Jul 2022Tidak ada komentar
#TNIAD #TNIADMengabdiDanMembangunBersamaRakyat

JAKARTA, tniad.mil.id – Guna terwujudnya ketahanan pangan nasional, Kodim 0710/Pekalongan, membuka lahan pertanian seluas 3,5 hektar untuk ditanami komoditas jagung yang merupakan lahan milik TNI AD bertempat di lingkungan Koramil 07/Wonopringgo, Kecamatan Wonopringgo, Kabupaten Pekalongan.

Dalam keterangan tertulis Kodim 0710/Pekalongan, Selasa (12/7/2022), penyiapan lahan saat ini pada tahap penyemprotan gulma atau tumbuhan pengganggu yang bertujuan untuk memudahkan dalam pengolahan tanah serta nantinya pada saat ditanami maka tanaman pokok tidak terganggu pertumbuhannya oleh tanaman pengganggu tersebut.

Dandim 0710/Pekalongan Letkol Inf Rizki Aditya menerangkan, program pemanfaatan lahan TNI AD ini merupakan perintah Kepala Staf Angkatan Darat Jenderal TNI Dr. Dudung Abdurachman yang bertujuan untuk penguatan ketahanan pangan bagi masyarakat.

Sementara itu, Danramil 07-0710/Wonopringgo menjelaskan, lahan seluas 3,5 hektar yang berada dilingkungan Koramilnya tersebut, akan ditanami dengan tanaman jagung karena sesuai dengan konstruksi tanah serta pengairan yang ada di lokasi lahan tersebut.
“ Nantinya lahan ini akan kita tanami dengan tanaman jagung, karena memang lahannya sangat cocok dengan jenis tanaman ini, sehingga kita harapkan hasilnya nanti juga bisa maksimal, ” jelas Danramil.

Baca juga:  Kodim Demak Kerahkan Personil Bantu Korban Banjir

Disampaikan lebih lanjut oleh Danramil, bahwa awalnya lahan tersebut kurang produktif karena hanya ditanami dengan tanaman tahunan seperti pohon sengon, kemudian beberapa tahun belakangan mulai diolah dan dimanfaatkan dengan tanaman musiman agar hasilnya lebih maksimal dan bisa membantu dalam ketahanan pangan daerah dan nasional.

“ Ya awalnya memang lahan ini kurang produktif, kemudian beberapa musim belakangan mulai kita manfaatkan dan ada hasilnya, oleh karena itu saat ini lebih kita maksimalkan lagi dalam pengolahannya sehingga diharapkan bisa menghasilkan panen yang lebih baik, ” pungkasnya.(Dispenad)

Kirim Tanggapan

made with passion and dedication by Vicky Ezra Imanuel