Kodam XVI/Patimura

Kodim 1501/Ternate Sigap Atasi Kebakaran Hutan

Dibaca: 248 Oleh 22 Sep 2015Tidak ada komentar
#TNIAD, #TNIADMengabdiDanMembangunBersamaRakyat

Ternate, (22/09). Sejumlah 50 Personel Koramil dan Kodim dengan sigap berusaha melakukan pemadaman kebakaran hutan yang terjadi di Kelurahan Tubo Ternate Utara.

Diawali saat Danramil 1501-01/Ternate Kota  Kapten Inf Cosmos Joko yang mendapat laporan dari Babinsa dan kemudian dilakukan pengamatan visual nampak 3 titik kepulan asap sehingga Danramil segera melaporkan situasi tersebut kepada Dandim. Mendapatkan laporan tersebut Dandim segera berkordinasi dengan Pj. Walikota Ternate kemudian bersama anggota segera menuju titik kebakaran, pasukan kemudian dibagi menjadi 3 tim untuk memadamkan 3 titik api berbeda yaitu di perkebunan belakang Moya, perkebunan belakang Tubo dan Sango.

Dengan prioritas utama di Kelurahan Sango dikarenakan lokasi kebakaran sangat berdekatan dengan perumahan penduduk. Dandim yang memimpin langsung proses pemadaman di lokasi Kel. Sango memerintahkan kepada seluruh Prajuritnya untuk bereaksi cepat namun tetap memprioritaskan faktor keamanan akhirnya kebakaran lahan pun dapat segera teratasi, namun masih tetap diwaspadai dikarenakan kepulan asap masih tampak mengepul di lokasi tersebut. Saat proses pemandan nampak Pj. Walikota Ternate meninjau langsung lokasi kebakaran.

Dalam keterangan persnya Dandim 1501/Ternate Letkol Inf Sigit Purwanto menyampaiakan bahwa Kebakaran hutan yang telah melalap perkebunan kelapa milik warga seluas 10 Ha, api dengan cepat meluas seiring dengan musim kemarau yang berkepanjangan yang membuat tanaman kering dan sangat mudah terbakar diperparah angin yang berhembus cukup tinggi, namun kita beruntung api dapat segera kita tangani sehingga tidak meluas lebih jauh membahayakan pemukiman warga, untuk penyebab hingga saat ini belum diketahui secara jelas.

Lebih lanjut sigit menegaskan, kami menghimbau kepada seluruh warga Ternate dan sekitarnya agar berhati-hati saat melakukan pembakaran sampah yang dapat merembet menjadi kebakaran hutan, apabila diperlukan pastikan api sudah dalam padam ketika akan meninggalkan kebun selain itu tindakan yang tidak disengaja seperti membuang puntung rokok yang masih terdapat bara pun dapat menimbulkan potensi kebakaran hutan. Kita patut bercermin dari kejadian di Sumatera yang diselimuti asap kebakaran hutan sehingga dapat mengganggu kesehatan. (Pendam 16)

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel