Kodam XVII/Cenderawasih

Kodim 1710/Mimika Panen Kedelai Bersama Kelompok Tani Di Kampung Naena Muktipura

Dibaca: 83 Oleh 10 Jul 2015Tidak ada komentar
#TNIAD, #TNIADMengabdiDanMembangunBersamaRakyat

Dandim 1710/Mimika Letkol Inf Andi Kusworo bersama 20 personel Kodim 1710/Mimika berkumpul dilahan pertanian milik Kelompok Tani Jaya Kampung Naena Muktipura Distrik Iwaka untuk membantu petani melaksanakan panen  kadelai, 2 hektar tanaman kedelai yang akan dipanen merupakan kedelai yang ditanam oleh kelompok Tani Jaya dibantu  Kodim 1710/Mimika. Acara panen kedelai ini dihadiri pula oleh petugas dari Dinas Perkebunan dan Pertanian serta Dinas Ketahanan Pangan. Rabu (8/07).

Pada kesempatan tersebut dihadapan petani dan petugas Dinas Pertanian dan Dinas Ketahanan Pangan Kab. Mimika Dandim 1710/Mimika Letkol Inf Andi Kusworo menyampaikan bahwa selain membantu petani melaksanakan panen kedelai kadatangan Dandim beserta anggota juga untuk berdiskusi dengan petani dan petugas  Dinas Pertanian maupun Dinas Ketahanan Pangan untuk mengetahui kendala/permasalahan apa saja  yang dihadapi petani dalam bercocok tanam kedelai. Lebih lanjut Dandim menjelaskan bahwa ketahanan pangan tidak dapat dipisahkan dengan Ketahanan Nasional, karena apabila bangsa kita mengalami kekurangan pangan otomatis bangsa kita akan lemah, sehingga  Kodim 1710/Mimika sebagai perpanjangan tangan Pemerintah ikut berperan serta dalam membantu petani meningkatkan produktifitas pertanian khususnya untuk tanaman pajale (padi jagung dan kedelai).

Dari diskusi singkat disela-sela acara panen kedelai ini para petani menyampaikan keluhan tentang murahnya harga kedelai yaitu Rp. 8000 perkilogram sedangkan untuk kedelai dari luar daerah bisa mencapai Rp. 13.000 perkilogram ditambah lagi dengan cuaca di Kabupaten Mimika yang tidak menentu sehingga mempengaruhi hasil panen, menanggapi pernyataan petani tersebut Dandim menyampaikan akan berkomunikasi dengan instansi terkait agar segera merespon keluhan-keluhan para petani. (Pendam17/Cenderawasih)

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel