Kodam XVI/Patimura

Kodim Ternate Berikan Bantuan Biodigester kepada SMAN 4

Dibaca: 60 Oleh 04 Nov 2015Tidak ada komentar
#TNIAD, #TNIADMengabdiDanMembangunBersamaRakyat

Ternate (04/11), Kodim 1501/Ternate berikan bantuan alat Biodigester kepada SMAN 4 Ternate sebagai bentuk karya bhakti kreatif bertempat di Aula SMAN 4 Kota Ternate Kel. Dufa-Dufa Ternate Utara.

Penyerahan alat Biodigester tersebut dilakukan secara simbolis dari Dandim kepada Kepala Sekolah disaksikan oleh Kepala Dinas Kebersihan, Sekretaris Dinas Pendidikan Kota Ternate dan Para siswa SMAN 4 Kota Ternate. Alat biogester sendiri merupakan alat pemusnah sampah sekaligus pembangkit RNG (Biogas Murni), menghasilkan pupuk kompos padat dan lumpur probiotik. dimana hasil output dari alat ini sendiri dapat dijadikan alternatif sumber energi baru dan terbarukan antaralain Gas Murni untuk memasak, pupuk kompos sebagai penyubur tumbuhan dan lumpur probiotik sebagai sumber makanan alami ikan (plankton) maupun pupuk tanaman hidroponik dengan memanfaatkan sampah organik dan kotoran ternak.

Dalam ketarangannya Dandim 1501/Ternate Letkol Inf Sigit Purwanto menyampaikan bahwa pemberian bantuan alat Biodigester ini merupakan bentuk kepedulian TNI AD khususnya jajaran Korem 152/Bbl dalam mengembangkan wawasan siswa serta memberikan pendidikan sejak dini tentang pemanfaatan energi baru dan terbarukan sehingga diharapkan kedepan mereka dapat memanfaatkannya sebagai media pembelajaran maupun melakukan aklipatif di rumah bahkan dapat mengembangkan dan mampu menciptkan alat yang lebih efisien lainnya. Disela-sela acara salah satu siswi SMAN 4 yang bernama Fitri menyampaiakan bahwa dirinya mengaku senang dengan adanya bantuan alat ini sehingga dapat meningkatkan wawasan kami sebagai siswa tentang sumber energi baru terbarukan sehingga dapat menunjang ketersediaan energi yang ramah lingkungan. (Penrem 152/Bbl)

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel