Berita Satuan

Komandan Kodiklatad tinjau lokasi Pendaratan Pantai dan LFX di Amborawang, Kalimantan Timur.

Dibaca: 68 Oleh 26 Apr 2021Tidak ada komentar
Komandan Kodiklatad tinjau lokasi Pendaratan Pantai dan LFX di Amborawang, Kalimantan Timur.
#TNIAD, #TNIADMengabdiDanMembangunBersamaRakyat

JAKARTA, tniad.mil.id –  Sebagai bagian dari peninjauan dalam rangka Latma Garuda Shield 15/2021 di wilayah Kodam VI/Mulawarman, pada hari ini Komandan Kodiklatad Letjen TNI AM. Putranto, S.Sos. meninjau kesiapan daerah yang akan digunakan untuk latihan Pendaratan Pantai (Beach Landing) dan lokasi Field Training Exercise (FTX) serta Live Firing Exercise (LFX) di Amborawang, Kalimantan Timur. Minggu (25/4/2021).

Latma Garuda Shield diwilayah Kodam VI/Mlw akan diawali dengan pelaksanaan pendaratan pantai di wilayah Pantai Manggar. Kegiatan ini dilaksanakan oleh seluruh personel yang terlibat latihan sebagai awal gerakan sebelum menuju ke lokasi selanjutnya. Pendaratan pantai bertujuan untuk menguasai posisi pertahanan musuh sebelum pasukan yang lebih besar dengan peralatan yang lebih lengkap dapat mendarat. Lokasi ini dipilih karena bentuk dan jenis pantai yang cukup landai serta arus laut yang cukup tenang sehingga memungkinkan untuk didarati menggunakan kendaraan Amfibi.

Komandan Kodiklatad tinjau lokasi Pendaratan Pantai dan LFX di Amborawang, Kalimantan Timur.

Setelah sasaran pantai dapat dikuasai, pasukan melanjutkan gerakan menuju daerah FTX di Amborawang dengan jarak sekitar 19 km ke arah utara. Dilokasi ini pasukan akan melaksanakan latihan yang dirancang berdasarkan situasi dan kondisi menyerupai medan dan keadaan pada saat penugasan serta akan dilaksanakan juga latihan penembakan dengan menggunanakan munisi tajam (LFX).

Mengakhiri kegiatan peninjauan, Dankodiklatad dan Pangdam VI/Mlw beserta rombongan melaksanakan Bhakti Sosial kepada masyarakat dan anak yatim di sekitar daerah latihan Amborawang dengan membagikan 250 paket sembako kepada masyarakat di 4 kelurahan berbeda yaitu kelurahan Amborawang Laut, Amborawang Darat, Argosari dan Margomulyo. Dankodiklatad menyampaikan bahwa kegiatan ini sebagai bentuk kepedulian TNI AD kepada masyarakat di sekitar wilayah latihan dan semoga menjadi berkah untuk kita semua.

Komandan Kodiklatad tinjau lokasi Pendaratan Pantai dan LFX di Amborawang, Kalimantan Timur.

Pada kesempatan ini juga, Dankodiklatad menyampaikan kepada masyarakat bahwa tujuan kedatangan bersama Tim ke Amborawa untuk melihat kesiapan latihan bersama antara prajurit TNI AD dan US Army. Latihan ini merupakan latihan tingkat Internasional yang pertama kali di gelar serentak di 3 wilayah salah satunya di Kodam VI/Mlw tepatnya di wilayah Puslatpur Amborawang, yang nantinya secara bertahap pembangunan ini akan digunakan sebagai lokasi latihan secara permanen. ”jelasnya.

Turut serta dalam kegiatan ini Pangdam VI/Mlw Mayjen TNI Heri Wiranto, Aslat Kasad Mayjen TNI Harianto, Danrem 091/Asn Brigjen TNI Cahyo Suryo Putro, S.IP., M.Si., Kapok Sahli Kodam VI/Mlw Brigjen TNI Erwin Herviana, S.Sos., Dirlat Kodiklatad Brigjen TNI Haryanto, S.I.P., M.Tr (Han), Pabanlat Sdirum Kodiklatad Kolonel Inf M. Yasin, Pabanopslat Sdirlat Kodiklatad Kolonel Inf Suparlan Purwo Utomo, Kahubdam VI/Mlw Kolonel Chb Dwi Hartantyo, S.I.P., Kakesdam VI/Mlw Kolonel Ckm dr. Puguh Santosa, Sp. KK., Pabandya-1/Aswaslat Spabanopslat Sdirlat Kodiklatad Letkol Inf Mulyaji, Danyonif R 600/Modang Letkol Inf Ari Susetyo dan dan Komunitas IOF. (Dispenad)

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel