Kodam Iskandar Muda

Koramil 04/Meureubo Aceh Barat Basmi Hama Tikus

Dibaca: 8 Oleh 14 Jul 2015Tidak ada komentar
#TNIAD, #TNIADMengabdiDanMembangunBersamaRakyat

Meulaboh – Belasan anggota TNI Koramil 04/meureubo Kodim 0105/Aceh Barat berbaur dengan warga Desa, Kecamatan Meureubo, Kabupaten Aceh Barat melakukan gotong royong  membasmi hama tikus yang banyak mengganggu tanaman padi petani di sawah desa setempat, Senin (13/07).

Tradisi membasmi hama  tikus yang diikuti puluhan petani dan warga tersebut berlangsung seru karena masing-masing petani dan TNI yang membentuk kelompok-kelompok kecil saling bersaing memburu tikus paling banyak.

Kendati tak sepenuhnya memberantas hama tikus namun kegiatan tersebut  dinilai efektif dalam menekan perkembangbiakan binatang pengerat tersebut. Kegiatan  dimulai pukul 08.00 WIB dan diakhiri sekitar pukul 09.30 WIB dengan menyisir sebagian besar dinding pematang ataupun tanggul yang ditengarai sebagai sarang tikus.

Perburuan diawali dengan melakukan pengasapan menggunakan kayu bakar  di setiap lubang tikus.Setelah hama yang diburu keluar, petani dan anggota TNI (Babinsa) ramai-ramai membunuh hama tikus itu menggunakan aneka kayu dan bambu dengan cara memukulkan ke tubuh binatang pengerat tersebut.Sertu Herman Salah satu Babinsa yang teribat dalam kegiatan tersebut mengatakan, di musim tanam pertama lalu, lahan sawah seluas tiga hektare di kampung mereka praktis mengalami gagal panen karena diserang hama tikus.

Kegagalan itu membuat petani melakukan langkah antisipasi dengan melakukan pembasmian hama tikus sebelum melakukan penanaman padi kembali pada musim tanam kedua, periode ini.Tidak sedikit, jumlah tikus yang berhasil ditangkap ataupun dibunuh di lokasi gropyokan mencapai ratusan ekor.

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel