Kodam IX/Udayana

Koramil 1626-03/Tembuku Kodim 1626/Bangli Bantu Petani Tanam Padi

Dibaca: 64 Oleh 19 Jan 2015Tidak ada komentar
#TNIAD, #TNIADMengabdiDanMembangunBersamaRakyat

Prajurit TNI dari Koramil 1626-03/Tembuku, Minggu (18/1) beramai-ramai turun ke sawah. Di areal Subak Situbolong, Dusun Penida Desa Tembuku, para prajurit berseragam loreng ini bergelut dengan lumpur untuk membantu para petani menanam padi. Kegiatan penanaman padi yang dikomandoi langsung oleh Danramil 1626-03/Tembuku Kapten Sutamar dilakukan dalam rangka mendukung program swasembada pangan sebagaimana yang dicanangkan pemerintah selama ini.

“Kegiatan ini kami lakukan dalam upaya mendukung swasembada pangan yang dicanangkan pemerintah. Untuk tahun 2015 ini, kami memulainya di Subak Situbolong, Dusun Penida Desa Tembuku,” kata Kapten Sutamar saat dikonfirmasi usai kegiatan tanam padi kemarin.

Dijelaskannya, sebelum membantu petani menanam bibit padi, sejak dua minggu terakhir personil Koramil Tembuku juga sudah membantu para petani dalam membajak sawah. Adapun luas sawah yang digarap Koramil Tembuku sekitar 1 hektar, dari luas sawah Subak Situbolong keseluruhan yang mencapai 19 hektar. “Untuk sementara baru kami bantu sekitar 1 hektar. Namun ini akan terus kami lanjutkan secara bergantian hingga ke seluruh subak di Tembuku,” terangnya. Dalam kegiatan penanaman kemarin, adapun jenis padi yang ditanam yakni padi varietas jepang. Kegiatan Koramil Tembuku dalam membantu petani bercocok tanam ini akan terus berlanjut menyesuaikan musim tanam petani. “Setelah padi selesai dipanen, kami juga akan membantu petani untuk menanam palawija,” imbuhnya.

Disamping membantu kegiatan bercocok tanam, untuk meningkatkan swasembada pangan, Koramil Tembuku selama ini juga sudah berupaya melakukan kegiatan perbaikan saluran irigasi. Dan dalam waktu dekat Koramil Tembuku juga akan kembali membantu petani dalam memperbaiki saluran irigasi lainnya, salah satunya seperti yang ada di areal subak  Bangkiang Sidem, Desa Bangbang.

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel