Kodam IX/Udayana

Koramil Bobong Bina Mitra Karib Babinsa

Dibaca: 158 Oleh 01 Nov 2015Tidak ada komentar
#TNIAD, #TNIADMengabdiDanMembangunBersamaRakyat

Taliabu (01/11), Koramil 1509-03/Bobong melakukan pembinaan terhadap 15 pemuda yang tergabung dalam mitra karib babinsa yang direkrut dari Desa Lede, Limbo, Toduli, Salati, Bobong dan Talo di Kab. P. Taliabu, materi yang dilatihkan antaralain pembinaan fisik, pembinaan disiplin, pembinaan sikap dan karakter selain itu dilatihkan juga Peraturan Baris Berbaris (PBB), Peraturan Penghormatan Militer (PPM), Tata Cara Berkomunikasi, pemeriksaan personel dan kedaraan serta pengetahuan bela negara, kepedulian sosial dan lingkungan. Kegiatan pelatihan sendiri akan dilakukan selama 14 hari.

Program mitra karib babinsa sendiri merupakan bagian dari pembinaan teritorial di lingkungan Angkatan Darat yaitu merekrut pemuda potensial dari desa yang memiliki komitmen serta integritas tinggi sebagai mitra babinsa dalam pelaksanaan tugas dengan memberikan informasi serta menjadi mata dan telinga babinsa di desa. Disela-sela pelatihan Danramil Bobong Mayor Inf Poniman menerangkan bahwa pihak TNI khususnya Koramil 1509-03/Bobong bekerjasama dengan seluruh pihak baik dari Pemerintahan maupun swasta salah satunya PT. Adidaya Tangguh dalam memberdayakan para Pemuda sebagai suatu potensi pertahanan wilayah dengan menanamkan rasa disiplin, bertanggung jawab, cinta tanah air dan berjiwa patriotisme melalui materi-materi yang diberikan selama pelatihan sehingga para pemuda tersebut dapat memiliki daya saing yang kuat dalam menghadapi era globalisasi.

Dalam keterangannya Kapenrem 152/Bbl Mayor Inf Anang Setyoadi, SE menyampaikan bahwa Program Mitra Karib Babinsa sendiri bagian dari pembinaan teritorial bagian Wanmil di lingkungan Angkatan Darat. Program Mitra karib Babinsa sendiri sempalan dari Program Bela Negara skala kecil yang dikoordinir Kodim dan Koramil untuk memberdayakan para Pemuda sehingga dapat dibina dan dilatih menjadi pribadi karakter yang kuat sehingga dapat menyalurkan bakat menjadi lebih positif. (Penrem 152/Bbl)

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel