Kodam V/Brawijaya

Korem 084/Bj Tanam Sejuta Pohon Mangrove Di Hutan Kota Gunung Anyar

Dibaca: 10 Oleh 04 Sep 2015Tidak ada komentar
#TNIAD, #TNIADMengabdiDanMembangunBersamaRakyat

Surabaya (04/09/15), Korem 084/Bhaskara Jaya telah mengadakan kegiatan   penghijauan penanaman satu juta pohon mangrove di kawasan hutan kota Gunung Anyar Surabaya selama 5 hari, mulai tanggal 31 Agustus 2015 sampai dengan tanggal 4 September 2015. Pada hari kelima dilakukan penanaman secara simbolis oleh Walikota Walikota Surabaya Tri Rismaharini, Danrem 084/Bhaskara Jaya Kolonel Inf Muhammad Nur Rahmad, Ketua Persit Kartika Chandra Kirana Koorcabrem 084/BJ Ny. Nur Rahmad, para Rektor dari Unair Surabaya, ITS Surabaya dan UPN Surabaya,Kepala Dinas Pertanian Kota Surabaya, Dandim 0830/Surabaya Utara, Dandim 0831/Surabaya Timur, Dandim 0832/Surabaya Selatan dan dilanjutkan penanaman secara serentak oleh seluruh prajurit Korem 084/BJ, Polrestabes Surabaya, Dinas Pertanian Kota Surabaya dan FKPPI.

Pada kesempatan memimpin kegiatan penghijauan tersebut, Walikota Surabaya menyampaikan ucapan terima kasih kepada Korem 084/Bhaskara Jaya dan jajarannya yang telah membantu program Pemerintah Kota Surabaya dalam melindungi warga Kota Surabaya dari mara bahaya, baik berupa banjir maupun erosi tanah akibat abrasi sungai dengan menanam sejuta pohon mangrove di kawasan hutan Kota Gunung Anyar ini, karena salah satu upaya alamiah yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah abrasi adalah menanam pohon di sepanjang garis pantai.

Pohon Mangrove merupakan jenis tanaman dengan sistem perakaran yang kompleks, rapat, dan lebat, sehingga dapat memerangkap sisa – sisa bahan organik dan endapan yang terbawa air laut dari bagian daratan. Proses itu juga dapat menyebabkan air laut terjaga kebersihannya dan dengan demikian memelihara kehidupan padang lamun (seagrass) dan terumbu karang. Mangrove juga dapat membentuk daratan karena endapan dan tanah yang ditahannya sehingga menumbuhkan perkembangan garis pantai dari waktu ke waktu. Pertumbuhan mangrove memperluas batas pantai dan memberikan kesempatan bagi tumbuhan terestrial hidup dan berkembang di wilayah daratan. Akar pohon mangrove juga dapat  menjaga pinggiran pantai dari bahaya erosi dan diharapkan bisa ikut mengatasi buruknya ekosistem di wilayah pantai dan tambak.

Tanaman mangrove juga banyak mempunyai fungsi dan manfaat menjaga garis pantai agar tetap stabil, melindungi pantai dari erosi (abrasi) dan intrusi air laut, peredam gelombang dan badai, penahan lumpur, penangkap sedimen, pengendali banjir, mengolah bahan limbah, penghasil detritus, memelihara kualitas air, penyerap co2 dan penghasil o2 serta mengurangi resiko terhadap bahaya tsunami.

Kegiatan penanaman pohon mangrove ini merupakan wujud adanya rasa kepedulian yang tinggi dari Korem 084/Bhaskara Jaya terhadap masalah pelestarian lingkungan hidup, khususnya yang ada di kota surabaya,  dan sekitarnya, serta merupakan salah satu kegiatan yang sangat tepat untuk membantu mempercepat terwujudnya kota surabaya yang bebas banjir. Dengan adanya kegiatan ini diharapkan dapat membantu Pemerintah Kota Surabaya dalam program pembangunan lingkungan hidup yang asri dan bersih serta upaya mengatasi banjir, yang selama ini masih sering melanda warga kota pahlawan ini.

Dengan kegiatan ini diharapkan dapat terus menumbuhkan semangat kekompakan, kebersamaan dan kekeluargaan yang harmonis diantara para prajurit Korem 084/Bhaskara Jaya serta masyarakat Kota Surabaya dan sekitarnya, sehingga diharapkan akan dapat meningkatkan kemanunggalan TNI dengan rakyat, serta tumbuhnya semangat persatuan dan kesatuan bangsa di daerah ini dalam rangka membangun kota pahlawan tercinta ini.

Kepada seluruh prajurit yang terlibat langsung dengan kegiatan ini, diharapkan dapat berperan aktif mulai dari tahap perencanaan, pelaksanaan, maupun dalam kegiatan pengawasan dan evaluasi, agar tujuan yang diharapkan dapat tercapai secara maksimal. Kepada para personel di lapangan yang langsung terlibat dalam kegiatan ini  agar meningkatkan rasa kebersamaan, keterpaduan dan kerjasama yang sinergis, sehingga kegiatan ini dapat berjalan dengan lancar, aman dan sukses. Laksanakan kegiatan ini dengan sungguh – sungguh serta tulus ikhlas, agar dapat menjadi amalan yang bermanfa’at bagi masyarakat luas. Kedepankan nilai – nilai kepekaan dan kepedulian terhadap lingkungan hidup di mana kita hidup dan berada, agar hidup kita menjadi indah dan nyaman serta memberi manfa’at bagi sesama umat. Mari kita hijaukan Surabaya untuk anak cucu kita.

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel