Skip to main content
Berita Satuan

Korem 091/ASN Gelar Apel Balatkom Waspada Laten Komunis dan Radikalisme Untuk Keselamatan Bangsa

Dibaca: 73 Oleh 07 Nov 2023Tidak ada komentar
Korem 091/ASN Gelar Apel Balatkom Waspada Laten Komunis dan Radikalisme Untuk Keselamatan Bangsa
#TNIAD #TNIADMengabdiDanMembangunBersamaRakyat

SAMARINDA – Bertempat di Lapangan Upacara Makorem 091/ASN Jalan Gajah Mada Nomor 11 Kelurahan Bugis Samarinda, Korem 091/ASN telah menggelar kegiatan Apel Balatkom Tahun 2023 dengan tema, “Mewujudkan Binter TNI AD yang Adaptif Melalui Kegiatan Mewaspadai Bahaya Laten Komunis Dan Paham Radikal Demi Keselamatan Bangsa Dan Tegaknya NKRI”, Senin (6/11/2023).

Kegiatan Apel tersebut dihadiri Danrem 091/ASN Brigjen TNI Yudhi Prasetiyo, S.I.P selaku pimpinan Apel, hadir pula Kasrem 091/ASN Kolonel Inf Priyanto Eko Widodo, S.I.P ,Para Kasi Kasrem 091/ASN, Dandim 0901/Smd, Dankabalak Aju Jajaran Korem serta para ketua paguyuban dan ormas SeKaltim.

Apel Balatkom Yang di gelar Oleh Korem 091/ASN dikuti 800 orang peserta Apel dari Ormas KBT (GM FKPPI,KB FKPPI,PPM,HIPAKAD) Organisasi Kepemudaaan (Pemuda Pancasila,Laskar Borneo Nusantara,Laskar merah putih,Laskar merah putih perjuangan) Paguyuban Adat (PDKT, Ikabes Sriwijaya, LADK-KTT, GEPAK, Lembaga Adat Dayak Tunjung dan Bentian)

Dalam amanatnya Danrem 091/ASN Brigjen TNI Yudhi Prasetiyo, S.I.P menyampaikan, “Bahaya komunis merupakan bahaya laten yang tidak akan pernah mati, hanya berubah bentuk dan akan terus berkembang dengan gaya baru. Komunis gaya baru adalah gerakan komunis yang telah meninggalkan gaya murni, kini dengan menggunakan agama, media, politik, sosial dan adu domba untuk mencapai tujuannya merubah ideologi bangsa Indonesia.

Baca juga:  Beridentitas TPN-OPM Papua, Dua Warga Diamankan Satgas Yonif 406 di Wamena

“Sebagai bagian dari komponen bangsa, organisasi kemasyarakatan harus meningkatkan kewaspadaan dan mampu melakukan deteksi dini dalam kehidupan bermasyarakat di wilayah, sehingga bila ada benih-benih komunisme dalam bentuk baru dan paham radikalisme dapat ditangkal dengan adanya kemanunggalan TNI-Rakyat, “ ujar Danrem

Tema yang diusung pada Apel Balatkom kali ini “Mewujudkan Binter TNI AD yang Adaptif Melalui Kegiatan Mewaspadai Bahaya Laten Komunis Dan Paham Radikal Demi Keselamatan Bangsa Dan Tegaknya NKRI”.

“Kita harus senantiasa waspada dan mampu mengambil langkah yang tepat dalam mengamankan dan menjaga keselamatan bangsa dan negara dari segala bentuk ancaman, yakni dengan mewujudkan tingkat kewaspadaan yang tinggi dari seluruh komponen masyarakat, sehingga tidak terpengaruh oleh tipu daya maupun propaganda yang dilakukan kelompok yang menganut paham komunis maupun kelompok radikal lainnya yang berkembang, “ ungkap Danrem.

Lebih lanjut Danrem manyampaikan, dalam waktu dekat Bangsa Indonesia akan melaksanakan pesta demokrasi yaitu Pemilu 2024, dan berharap seluruh organisasi Kemasyarakatan (Ormas) Kaltim menjadi pelopor dalam menciptakan situasi Pemilu yang damai dan kondusif, serta tidak terpengaruh dengan hal-hal yang dapat menimbulkan konflik bahkan disintegrasi akibat berbeda pandangan, Pemilu harus disambut dengan suasana penuh harapan dan kegembiraan di seluruh lapisan masyarakat.

Baca juga:  Danrem 172/PWY: Generasi Muda Adalah Kunci Masa Depan Papua

“Kalimantan Timur ini adalah miniatur dari Indonesia, saya menyatakan Korem 091/ASN adalah bagian dari kekayaan keberagaman dan Korem 091/ASN merupakan “Rumah Keberagaman” bagi kita semua. Tidak kalah penting perihal program nasional di wilayah Kaltim yaitu pembangunan IKN dukung dan sukseskan, ini merupakan suatu kebanggaan bagi seluruh masyarakat Kalimantan Timur khususnya dan bagi seluruh masyarakat Indonesia umumnya, “ kata Danrem dalam amanatnya.

Kegiatan Apel Balatkom Korem 091/ASN Tahun 2023 bertujuan untuk mengajak masyarakat Kaltim agar tetap harmonis menjaga Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) serta bertekad untuk menyatukan satu kesatuan bangsa agar masyarakat Kaltim sepakat dan sepaham dalam perdamaian Indonesia serta menumbuhkan sikap saling menghormati dalam semboyan Bhinneka Tunggal Ika. (Dispenad)

Kirim Tanggapan

made with passion and dedication by Vicky Ezra Imanuel