Kodam IX/Udayana

Korem 161/Ws Bantu Warga Dengan Air Bersih

Dibaca: 83 Oleh 04 Sep 2015Tidak ada komentar
#TNIAD, #TNIADMengabdiDanMembangunBersamaRakyat

Kemarau panjang yang melanda kota Kupang akhir-akhir ini telah membawa dampak penurunan debit air disejumlah sumber mata air di kota Kupang dan kabupaten Kupang.Distribusi air dari PDAM kota Kupang maupun PDAM Tirta Lontar kabupaten Kupang menjadi terhambat sehingga warga kesulitan untuk mendapatkan air.

Karena itu, Detasemen Perbekalan dan Angkutan Korem 161/WS memberikan perhatian masyarakat khususnya desa Oelomin, kec. Nekamese kab. Kupang berupa pembagian air bersih pada dua lokasi yakni di RT. 04/RW 03 sereta RT. 06/RW 04.

Terfina Ola, warga desa Oelomin saatmenerima bantuan air bersih, Kamis (03/09/15) kepada Koran Victory News mengatakan sangat terbantu dengan adanya perhatian dari TNI AD berupa pendistribusian air bersih.

“Pada bulan Agustus merupakan masa yang sulit bagi kami dalam mendapatkan air bersih, bahkan kami hanya mengandalkan air sumur sebagai sumber air dengan kedalaman mencapai 30 meter dan sebagian besar sumur kami mulai mengalami kekerinagn,” jelasnya.

Warga lainnya Lazarus Bilaut menambahkan, sulitnya air di wilayah tempat tinggalnya karena tekstur tanah yang kering dan tidak mampu menyimpan cadangan air tanah, sehingga banyak sumur yang mengering  akibat kemarau panjang.

Bahkan untuk mendapatkan air, warga terpaksa harus menempuh jarak dua kilo meter di embung dengankedalaman 12 meter. Jika dioptimalkan, embung tersebut dapat membantu masyarakat dalam mengatasi kesulitan air bersih selama musim kemarau panjang.

Jika tidak, tambahnya, untuk kebutuhan konsumsi air bersih masyarakat harus  membeli air bersih dari tangki air yang penggunaannya bisa selama satu minggu.

“Kami harus membeli air tangki dengan harga Rp 70.000 denganukuran 5000 liter yang hanya bisa dipergunakan selama satu minggu,” jelasnya.

Komandan Detasemen Perbekalan dan Angkutan Korem 161/Wira Sakti Letkol Cba Adrianus Gatot dilokasi pembagian air mengatakan, pembagian air bersih ini merupakan bentuk perhatian dari TNI AD kepada masyarakat yang membutuhkan air sehingga bisa meringankan beban yang merasa  kesulitan dalam memperoleh air bersih.

“Kami sifatnya hanya membantu masyarakat secara swadaya dan air ini dibagikan secara gratis bagi warga yang membutuhkannya,” demikian dikatakan Danden Bekang.

Danden Bekang juga menambahkan bahwa dalam melaksanakan kegiatan tersebut, pihaknya menjalin koordinasi dengan Koramil, Kodim dan Babinsa setempat sebagai pembina teritorial, sedangkan Bekang sifatnya hanya membantu saja.

“Alasan memilih desa Oelomin, karena menurut pantauan kami masyarakat desa tersebut sangat susah dalam memperolah air bersih,” kata Danden Bekang.

Selanjutnya untuk kedepan Bekang akan terus melaksanakan kegiatan serupa kepada masyarakat yang membutuhkan akan ketersediaan air bersih.

Dalam sistem pendistirbusian, sesuai pantauan media (VN) air bersih yang didistribusikan ke masyarakat, selain diisikan langsung kedalam bak penampung, masyarakat juga berbondong-bondong menyerbu tangki air dari Bekang dengan membawa berbagai perlengkapan angkut air seperti ember, jerigen bahkan ada yang membawa drum.( Penrem 16/Ws)

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel