Skip to main content
Kodam I/Bukit Barisan

Libatkan Insan Pers, Koramil Model Kodim 0303/Bengkalis Tempa Babinsa Cakap Pengusaan Digital

Dibaca: 60 Oleh 25 Mei 2023Tidak ada komentar
Libatkan Insan Pers, Koramil Model Kodim 0303/Bengkalis Tempa Babinsa Cakap Pengusaan Digital
#TNIAD #TNIADMengabdiDanMembangunBersamaRakyat

JAKARTA, tniad.mil.id – Koramil Model Kodim 0303/Bengkalis, jajaran Korem 031 Wira Bima masih berlanjut. Kali ini, Komandan Kodim 0303/Bengkalis Letkol. Inf. Endik Yunia Hermanto menjalin sinergi dengan Insan Pers guna memberikan pemaparan edukatif terkait tata cara penghimpunan data berupa fotografi, videografi, sosial media hingga penghimpunan narasi berbasis 5W+1H guna menambah wawasan dan kecakapan para prajurit dan babinsa dalam menjalankan tugas di tengah masyarakat, pada era digital, Rabu (24/5/2023).

Pelibatan awak media dimaksudkan sebagai wujud sinergitas insan media dengan prajurit TNI Angkatan Darat agar nantinya dapat berkolaborasi menghasilkan karya informatif, edukatif dan saling menopang dalam pelaksanaan tugas di masyarakat.

“Pelibatan insan pers dalam memberi pembekalan serta materi dalam acara Koramil Model di wilayah Kodim 0303/Bengkalis dimaksudkan agar wawasan dari sudut pandang media terkait fotografi, videografi, penggunaan sosial media dan prinsip perumusan narasi laporan kegiatan bisa lebih baik dan tepat sasaran, “ ujar Dandim.

“Dengan ini pula kita harap para prajurit yang nantinya bertugas sebagai Babinsa bisa lebih cakap menguasai dunia digital yang manfaat baiknya dapat diaplikasikan dalam mendukung pelaksanaan tugas, serta dapat mengatasi kesulitan yang dialami masyarakat dalam hal perolehan informasi penting dengan cepat dan akurat,” imbuh Letkol Endik Yunia Hermanto.

Pada kesempatan itu, Bresly selaku praktisi media yang dilibatkan dalam acara itu memaparkan materi ‘Babinsa Cakap Digital’. Seluruh ruang lingkup digitalisasi guna menghimpun informasi dipaparkan rekan media Bresly kepada seluruh peserta Koramil Model dengan harapan dapat menambah kecakapan personel dalam hal pengambilan foto dan video kegiatan di lapangan secara proporsional, profesional dan sesuai dengan ketentuan kesatuan masing-masing.

“Adapun hal yang paling krusial, yakni sistem perumusan laporan berbasis rumusan 5W+1H. “Dalam hal ini, rekan-rekan yang mengikuti acara Koramil Model kita ajak untuk tidak salah runutan dalam menjabarkan laporan kegiatan berumuskan 5W+1H. Sebab, bila rumusannya terbalik, akan menimbulkan kebingungan bagi yang membaca. Oleh karena itu, basis perumusan laporan kita kuliti lebih dalam agar seluruhnya menguasai konsep yang akhirnya kita patenkan dalam praktek di lapangan,” kata Bresly.

Seluruh personel antusias kala itu, teknik pengambilan foto, video, penyuntingan hasil tangkapan kamera hingga teknik penulisan laporan pun dipraktekkan dengan baik dan menambah kecakapan para prajurit untuk siap berbaur di lingkungan masyarakat. (Dispenad)

Kirim Tanggapan

made with passion and dedication by Vicky Ezra Imanuel